Selasa, 10 Juli 2018 01:32 WITA

Waspadai Puting Tertarik ke Dalam

Editor: Aswad Syam
Waspadai Puting Tertarik ke Dalam
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Payudara yang masuk ke dalam merupakan hal yang biasa dikeluhkan wanita. Kondisi puting yang tidak muncul keluar, tapi malah terbenam ke dalam ini disebut dengan inversi puting. Doktersehat, membahasnya dalam tulisan ini.

Jenis Payudara
Pada dasarnya payudara wanita terbagi dalam tiga jenis:

- Payudara bentuk normal di mana keseluruhan puting keluar melebihi permukaan areola. Kondisi puting akan berlangsung seperti itu baik dalam keadaan normal maupun saat terangsang sacara seksual maupun akibat rangsang dingin.

- Puting datar dan tidak berubah bentuk meski telah dilakukan penekanan daerah areola sekitar 2 cm di luar puting (pinch test).

- Payudara dengan puting tertarik ke dalam atau mencekung (inverted nipple) ketika dilakukan pinch test.

Kondisi puting jenis kedua dan ketiga tergolong tidak normal. Kedua jenis puting tersebut terbagi menjadi beberapa bentuk, seperti:

Dimpled: Bentuk puting dimpled terlihat keluar sebagian tapi masih bisa ditarik keluar meski tidak bisa bertahan lama.

Unilateral: Bentuk puting jenis ini hanya satu sisi payudara saja yang memiliki puting melesak ke dalam.

Jenis Puting Tertarik ke Dalam
Inversi puting dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis, berdasarkan sejauh mana puting masuk ke dalam dan kemampuan puting menanggapi rangsang.

Derajat 1
Pada derajat 1 puting mudah ditarik keluar dan kemampuan bertahannya cukup baik hanya dengan sedikit tarikan. Puting akan kembali keluar hanya dengan tekanan menggunakan jari atau mulut. Kondisi ini tidak akan mengganggu fungsi payudara.

Derajat 2
Kondisi puting yang masuk ke dalam masih dapat ditarik keluar, tapi penarikannya tidak semudah derajat 1. Puting bisa keluar dengan tekanan lembut tapi puting akan kembali mundur setelah tarikan dilepas. Kondisi ini bisa mengakibatkan beberapa masalah terutama ketika pemberian ASI dan  dampak psikologis.

Derajat 3
Kondisi puting pada derajat 3 akan terlihat sangat masuk ke dalam dan sangat sulit keluar atau menanggapi rangsang. Kondisi ini akan menyebabkan beberapa masalah bagi wanita yang sedang menyusui. Selain itu, kondisi ini juga dapat berdampak pada psikologis wanita akibat munculnya perasaan tidak menarik atau cacat.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, sebaiknya lakukan pemeriksaan payudara sendiri, guna mengamati ada tidaknya perubahan di payudara seperti:

- Perubahan bentuk payudara
- Kulit yang memerah dan hangat
- Adanya benjolan yang teraba maupun terlihat
- Keluarnya cairan dari puting (nanah atau darah)
- Retraksi puting (puting masuk ke dalam)
- Gambaran kulit jeruk pada payudara (dimpling)
- Ketidakaturan penebalan jaringan payudara.

Penyebab Puting Tertarik ke Dalam

Puting tertarik ke dalam atau  inversi puting terjadi ketika jaringan puting ditarik ke dalam jaringan payudara, bukannya menjulur ke luar. Seringkali, ini terjadi secara spontan dan dapat di balik hanya dengan menstimulasi puting secara manual, meskipun dalam beberapa kesempatan, puting akan tetap terbalik tanpa batas. Ini bisa menjadi perhatian serius bagi sebagian orang, karena mereka mungkin tidak menyukai tampilan yang diciptakan pada payudara – mungkin tidak terlihat alami.

Penyebab paling umum untuk puting yang terbalik adalah penuaan, meskipun dalam beberapa kasus, terutama jika puting yang terbalik didampingi oleh sensasi gatal, itu mungkin menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti kanker payudara.

Setelah kelahiran dan penyapihan anak, bagaimanapun, puting mungkin juga membalikkan, seperti jaringan dan otot yang terhubung ke kelenjar payudara kontraksi. Kontraksi saluran susu, sebelum atau sesudah kelahiran, juga dapat menyebabkan inversi semacam ini.

Pengobatan Puting Tertarik ke Dalam di Rumah

Jika Anda mencari solusi sementara, Anda mungkin ingin mempertimbangkan:

1. Teknik hoffman
Teknik Hoffman untuk menarik puting terbalik telah digunakan sejak tahun 1950-an. Untuk mencobanya:

- Letakkan jempol Anda di kedua sisi puting Anda. Pastikan untuk menempatkannya di pangkal puting, bukan di luar areola.
- Tekan dengan kuat ke jaringan payudara Anda.
- Sementara masih menekan, tarik perlahan ibu jari Anda dari satu sama lain.
- Gerakkan ibu jari Anda di sekitar puting dan ulangi.
- Anda dapat melakukannya kapan pun Anda ingin puting Anda menonjol, tetapi tidak jelas berapa lama efek ini akan bertahan. Untuk hasil terbaik, praktikkan teknik ini setidaknya sekali sehari. Stimulasi teratur dapat membantu puting Anda menonjol lebih sering.

Belum ada penelitian yang membuktikan apakah itu efektif. Payudara setiap orang berbeda, jadi cobalah untuk tidak berkecil hati jika metode ini tidak berhasil untuk Anda.

2. Alat isap
Ada beberapa perangkat hisap yang diperkenalkan untuk membalikkan puting terbalik. Sebagian besar dikenakan di bawah pakaian untuk waktu yang lama.

Produk-produk ini dijual dengan berbagai nama, termasuk:

Nipple retractors
Nipple extractors
Shells
Cups

Alat-alat ini biasanya bekerja dengan menarik puting ke dalam cangkir kecil. Ini merangsang puting dan membuatnya menonjol.

Ketika digunakan seiring waktu, perangkat ini dapat membantu melonggarkan jaringan puting. Ini dapat membantu puting Anda tetap tegak untuk waktu yang lebih lama.

Pilihan populer meliputi:

Avent Niplette
Pippetop Inverted Nipple Protractor
Medela SoftShells for Inverted Nipples
Supple Cups

Belum ada penelitian tentang efektivitas perangkat isap. Beberapa orang mungkin mengalami tonjolan puting dan yang lainnya mungkin tidak. Sebagian besar perangkat murah dan mungkin patut dicoba.