Senin, 09 Juli 2018 11:25 WITA

7 Manfaat Luar Biasa Kentang Ungu untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Luar Biasa Kentang Ungu untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Kentang ungu adalah virietas kentang normal, Solanum tuberosum, yang berasal dari Peru dan akhirnya diperkenalkan ke negara lain.

Kentang ini memiliki warna ungu gelap, eksterior hampir hitam. Warna itu sebagian besar disebabkan oleh konsentrasi anthocyanin-nya.

Nutrisi kentang ungu
Kentang ini kaya serat dan protein, tapi relatif rendah kalori, yaitu hanya 140 kalori per cangkir. Kentang ini juga menyediakan sejumlah potassium dan vitamin C, serta berbagai B vitamin. Yang paling penting, bagaimanapun, kentang ungu mengandung lebih dari 4 kali antioksidan daripada kentang biasa, sebagian besar karena konsentrasi anthocyanin-nya.

Berkat nutrisi yang dikandungnya, kentang ungu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, berikut di antaranya:

1. Mencegah penyakit jantung
Ada banyak potasium di semua jenis kentang, tapi dalam varietas ungu ini, potasium dibantu oleh tingginya konsentrasi antioksidan. Konsentrasi tersebut bisa mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang pada akhirnya berdampak pad penurunan risiko serangan jantung , dan stroke, serta penyakit jantung koroner.

2. Antioksidan
Seperti dikatakan sebelumnya kentang ungu mengandung dengan antioksidan kuat, termasuk anthocyanin dan flavonoid. Antioksidan ini telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, tapi fungsi utamanya adalah menetralisir radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis. 

3. Memperbaiki fungsi hati
Studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi jenis kentang ini secara teratur dapat meningkatkan fungsi hati, sehingga lebih efektif membersihkan darah. Lagi-lahi ini mungkin dirangsang oleh antioksidan kuat yang ditemukan di dalamnya.

4. Mencegah alzheimer
Salah satu fungsi terpenting dari antioksidan adalah pengaruhnya terhadap senyawa peradangan di otak, dengan membersihkan jalur saraf dan mencegah pengendapan beta-amyloid. Dengan demikian kentang ini dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Mencegah kenaikan berat badan
Kentang ungu adalah makanan padat nutrisi yang dapat membantu Anda mencegah makan berlebihan dan ngemil di antara jam makan. Selain itu, ini juga memperlambat pelepasan gula darah dan insulin, yang dapat mencegah rasa lapar.

6. Bagus untuk pencernaan
Dengan jumlah serat sedang, kentang ini dapat merangsang gerak peristaltik di usus kecil, yang dapat meredakan gejala sembelit, kembung, kram, dan sakit perut. Sifat anti-inflamasinya juga dapat meredakan kondisi seperti sindrom iritasi usus.

7. Mencegah pembekuan darah
Dengan mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan menipiskan darah, kentang ini ideal untuk mencegah pembekuan darah, yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.