Sabtu, 07 Juli 2018 10:43 WITA

5 Manfaat Mengejutkan dari Susu Kuda

Editor: Suriawati
5 Manfaat Mengejutkan dari Susu Kuda
Foto: Organic Facts

RAKYATK.COM - Minum susu kuda mungkin merupakan hal yang tidak pernah Anda pertimbangkan. Tapi di beberapa bagian dunia, praktik ini cukup lumrah, dan manfaat kesehatannya mengejutkan.

Seperti namanya, susu kuda adalah susu yang diambil dari kuda betina. Secara tradisional, susu kuda sangat penting bagi banyak budaya, dan dinikmati karena manfaatnya untuk kesehatan.

Ada sejumlah komponen gizi yang mengesankan dalam susu kuda, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Faktanya, nutrisi ini ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Ini juga menyediakan kadar potasium, zat besi, kalsium, dan magnesium. Susu ini juga sangat rendah lemak.

Berikut beberapa manfaat mengesankan susu kuda bagi kesehatan:

1. Mengatasi eksim
Dalam pengobatan tradisional, susu kuda telah digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit, seperti yang disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau iritasi lainnya. Mencampur susu kuda dengan lidah buaya atau minyak kelapa dapat membantu meredakan ketidaknyamanan ini dengan cepat.

2. Mengatasi sembelit
Susu kuda kaya akan antibodi tertentu yang dapat menyeimbangkan kembali bakteri usus dan mengurangi gejala sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan.

3. Meningkatkan kesehatan tulang
Dengan konsentrasi mineral yang lebih tinggi dari susu sapi, susu kuda dapat membantu Anda mencegah timbulnya osteoporosis seiring pertambahan  usia.

4. Mengurangi tekanan darah
Ada kadar potasium dalam susu kuda, yang bertindak sebagai vasodilator, mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Dengan mengonsumsi susu kuda, Anda dapat menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

5. Detoksifikasi tubuh
Penelitian telah menemukan bahwa susu kuda memiliki efek merangsang pada hati, yang dapat membantu tubuh Anda menghilangkan racun secara lebih efektif.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah bahwa susu kuda mengandung kadar laktosa yang lebih tinggi daripada susu sapi, jadi ini bukan alternatif yang aman untuk orang-orang dengan intoleransi laktosa.