Kamis, 05 Juli 2018 09:50 WITA

Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Bekerja

Editor: Suriawati
Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Bekerja
INT

RAKYATKU.COM - Jika Anda pekerja kantoran, Anda mungkin pernah mengeluhkan masalah sakit pinggang. Hal ini biasanya bisa dipicu oleh posisi duduk yang tidak tepat, seperti membungkuk.

Selain memperbaiki posisi duduk, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sakit pinggang:

1. Istirahat
Jika gerakan tertentu menyebabkan rasa sakit, berhentilah sejenak dan berikan waktu pada tubuh Anda untuk beristirahat.

2. Jangan beristirahat terlalu banyak
Ini berlaku bagi Anda yang pernah mengalami cedera akut. Dalam hal ini Anda tidak disarankan untuk tinggal di tempat tidur selama lebih dari satu atau dua hari. Jika Anda tetap di tempat tidur lebih lama dari ini, otot Anda akan kehilangan kekuatan secara bertahap dan kemampuan mereka untuk mendukung punggung Anda. Tetaplah aktif seperti yang Anda bisa.

3. Berdiri
Jika Anda mulai merakan ketidaknyamanan di bagian belakang, cobalah untuk berdiri tegak, lalu duduk kembali. Lakukan ini beberapa kali, sampai Anda merasa nyaman.

4. Perhatikan posisi duduk
Saat duduk di tempat kerja, pastikan permukaan tempat kerja Anda berada pada ketinggian yang nyaman untuk Anda. Posisikan kursi Anda di ketinggian yang tepat. Gunakan bantal di kursi jika diperlukan.

5. Sering ganti posisi
Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk untuk waktu yang lama, gantilah posisi Anda sesering mungkin. Bangun, bergerak dan lakukan peregangan setiap jam.

6. Tambah asupan kalsium
Mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D akan membantu meningkatkan kekuatan tulang.

7. Hindari merokok
Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa merokok ada hubungannya dengan punggung Anda. Merokok dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tulang belakang. Ini dapat menempatkan Anda pada risiko nyeri pinggang.