Kamis, 05 Juli 2018 03:00 WITA

Ibu Sering Ngompol Usai Melahirkan, Begini Cara Mengatasinya

Editor: Abu Asyraf
Ibu Sering Ngompol Usai Melahirkan, Begini Cara Mengatasinya
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Wanita yang baru melahirkan banyak mengeluhkan sulit mengendalikan buang air kecil. Mereka lebih sering mengompol. Apakah itu pertanda penyakit?

Fisioterapis senior dari Departemen Rehabilitasi di Rumah Sakit Anak dan Wanita KK yang merupakan anggota kelompok Singapore Health, Caroline Chua mengatakan, kondisi yang membuat pasien sulit mengontrol buang air kecil ini disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul yang dimulai sejak ditemukan tanda-tanda kehamilan.

Menurut Caroline, melemahnya otot panggul ini terjadi saat melahirkan atau di saat perempuan mengalami kenaikan berat badan. 

"Inkontinensia urine bisa juga disebabkan oleh perubahan sistem hormonal perempuan selama hamil dan menopause," kata Caroline dikutip dari situs Health XChange Singapore baru-baru ini.

Dengan demikian, perempuan yang sehabis melahirkan harus mempertahankan dasar panggul yang kuat guna mencegah inkontinensia urine tersebut. "Bisa juga dicegah dengan melakukan latihan dasar panggul atau latihan kegel," kata Caroline.

Otot-otot dasar panggul ini memang tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan. Dasar panggul sendiri adalah gendongan otot di bagian bawah tulang panggul. Otot ini mendukung organ panggul dan memiliki fungsi dalam mengendalikan kandung kemih dan usus. 

"Otot dasar panggul juga terlibat dalam meningkatkan fungsi seksual," ujarnya

Otot dasar panggul wanita memang akan sedikit melemah dan tidak berfungsi secara maksimal pasca persalinan. Namun hal ini bisa dicegah dengan melakukan latihan rutin pada masa kehamilan, misalnya dengan latihan kegel.
 

Berita Terkait