Rabu, 04 Juli 2018 15:30 WITA

Tips Mengatasi Gusi Berdarah

Editor: Suriawati
Tips Mengatasi Gusi Berdarah
INT

RAKYATKU.COM - Gusi berdarah atau gingivitis adalah kondisi di mana plak menyebabkan kuman menumpuk dan menyerang gusi. Ini membuat gusi meradang dan teriritasi, sehingga berdarah saat Anda menyikat gigi.

Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, namun ini harus diantisipasi karena bisa menjadi tahap pertama penyakit gusi. Tindakan pencegahan seperti menyikat gigi secara teratur, flossing, dan menjaga kebersihan gigi dengan baik adalah hal yang penting.

Tapi, jika Anda masih mengalami gusi berdarah setelah melakukan semua itu, maka berikut beberapa perawatan yang mungkin Anda perlukan:

1. Singkirkan plak
Pergi ke dokter gigi untuk menyingkirkan semua plak yang telah terakumulasi pada gigi Anda. Ini adalah perawatan paling dasar. Ketika plak tumbuh menjadi karang gigi, yang merupakan substansi yang sangat lengket dan keras, itu bisa berubah menjadi infeksi, jadi harus dibersihkan.

2. Konsumsi vitamin C
Salah satu alasan utama gusi berdarah adalah kekurangan vitamin C. Buah-buahan seperti jeruk dan lemon, serta sayuran seperti brokoli dan kubis adalah sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi.

3. Minum susu
Susu juga merupakan sumber kalsium, yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan gusi. Karena itu, susu harus diminum secara teratur untuk mencegah pendarahan gusi.

4. Hindari merokok
Merokok bisa mendukung pertumbuhan bakteri tertentu di mulut. Karena itu, Anda harus menghindari merokok agar mulut Anda bebas dari bakteri.

5. Kunyah sayur mentah
Mengunyah sayuran mentah membersihkan gigi dan memperbaiki sirkulasi darah di gusi.

Catatan: Menyikat gigi dan flossing harus dilakukan untuk mencegah deposisi plak. Selain itu, penting untuk selalu mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Menjaga kondisi higienis di mulut Anda tidak hanya akan mengurangi pendarahan gusi, tapi juga akan mencegah masalah gigi seperti periodontitis dan gingivitis.