Rabu, 04 Juli 2018 12:23 WITA

5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Ikan Nila adalah ikan asli sungai Nil dan Afrika Utara. Tapi mereka juga telah dibudidayakan secara ekstensif di seluruh Asia, dan sekarang menjadi spesies global.

Nila mengandung banyak nutrisi penting, termasuk nutrisi, vitamin, dan mineral, termasuk sejumlah besar protein, asam lemak omega-3, selenium, fosfor, kalium, vitamin B12, niacin, dan vitamin B6.

Ikan nila memiliki banyak manfaat kesehatan, yang meliputi:

1. Baik untuk pertumbuhan
Salah satu aspek terpenting dari nila adalah kandungan proteinnya yang mengesankan, yaitu lebih dari 15% dari kebutuhan harian kita untuk satu porsi. Protein adalah bagian penting yang dibutuhkan tubuh. Ini secara langsung terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran, sel, dan otot. Protein juga diperlukan untuk pertumbuhan otot, perbaikan sel, dan aktivitas metabolisme yang tepat dari berbagai sistem organ. 

2. Menurunkan berat badan
Tidak seperti banyak produk hewani lainnya, ikan seperti nila memiliki protein tinggi tapi rendah kalori dan lemak. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi asupan kalori Anda, sambil tetap memberi tubuh Anda semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Ikan sering dijadikan pilihan diet bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

3. Menjaga kesehatan tulang
Salah satu mineral paling menonjol yang ditemukan dalam nila adalah fosfor, karena merupakan bagian penting dari perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. Ini juga merupakan elemen penting untuk menjaga kesehatan gigi dan kuku.

4. Mencegah kanker prostat
Seperti banyak jenis ikan, ikan nila memiliki kandungan selenium yang sangat tinggi. Penelitian telah mengaitkan asupan selenium dengan pengurangan risiko kanker prostat, serta berbagai kondisi jantung.

5. Bagus untuk otak
Asam lemak omega-3 dan potasium yang ditemukan dalam nila dapat meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan fungsi neurologis. Potasium meningkatkan oksigenasi ke otak dan sangat penting untuk keseimbangan cairan di seluruh tubuh, yang memfasilitasi respons saraf dan deposisi nutrisi ke bagian tubuh yang sesuai, termasuk otak.