Rabu, 04 Juli 2018 08:50 WITA

Kopi Vs Teh: Mana yang Lebih Baik?

Editor: Suriawati
Kopi Vs Teh: Mana yang Lebih Baik?
INT

RAKYATKU.COM - Mana yang lebih baik, teh atau kopi? Jawabannya mungkin tergantung dari selera Anda. Tapi jika melihat dari sisi kesehatan, ada beberapa hal yang dapat membantu Anda mengambil keputusan.

Kopi
Kopi adalah minuman panas yang dibuat dengan menyiram biji kopi atau kopi bubuk dengan air panas. Ini adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, yaitu sekitar 400 miliar cangkir yang setiap tahun.

Minuman ini mungkin paling dikenal sebagai stimulan pagi, karena satu cangkir kopi mengandung hampir 100 miligram kafein. Kafein adalah zat perangsang kimia yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan  metabolisme. Hal ini dapat memiliki efek positif pada upaya penurunan berat badan dan tingkat energi, salah satu hal yang paling menarik dari kopi. 

Kopi juga telah diklaim dapat mengurangi risiko penyakit hati dan kanker hati, serta merangsang kognisi dan mencegah penyakit Alzheimer. Beberapa penelitian lain mengklaim bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat mencegah timbulnya  diabetes dan memberikan perlindungan kardiovaskular, jika diminum dalam jumlah sedang.

Teh
Teh dapat datang dalam berbagai bentuk, tapi varietas yang paling umum dikonsumsi adalah seduhan daun kering Camellia sinensis. Jenis teh ini adalah minuman yang sebanding dengan kopi dalam hal kegunaannya. Banyak orang memulai hari mereka dengan secangkir teh, meskipun mengandung jumlah kafein yang lebih sedikit daripada kopi.

Teh dapat memiliki berbagai tingkat kafein, tergantung pada seberapa tinggi teroksidasi daunnya. Bahkan teh yang paling berkafein sekalipun tidak mengandung kafein sebanyak kopi. Teh memiliki rasa yang lebih ringan daripada kopi.

Diantara semua jenis teh, teh hijau diklaim sebagai yang paling menyehatkan. Ini kaya akan senyawa polifenol dan antioksidan, termasuk katekin. Teh hijau juga mengandung epigallocatechin gallate, zat kimia kuat yang telah dikaitkan dengan segala sesuatu mulai dari risiko kanker yang lebih rendah hingga pencegahan diabetes. Peminum teh juga menikmati tingkat pengeroposan tulang yang lebih lambat daripada peminum kopi.

Namun minum teh dalam jumlah berlebih memiliki efek negatif. Ini dikaitkan dengan penyerapan zat besi rendah, meski efek samping itu jarang terjadi.

Secara umum, teh dan kopi dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.