Selasa, 03 Juli 2018 06:02 WITA

Usai Olahraga Yoga, Gantilah Pakaian Anda

Editor: Aswad Syam
Usai Olahraga Yoga, Gantilah Pakaian Anda
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Belakangan ini yoga mulai diminati banyak kalangan, khususnya kaum hawa. Yoga sendiri kini dianggap sebagai salah satu olahraga yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, sekaligus bisa memberikan kebaikan bagi tubuh layaknya bagi struktur tulang dan juga membuat tubuh menjadi lebih langsing. 

Meskipun gerakan yoga terlihat lebih halus dan tidak seaktif jenis olahraga fisik lainnya, yoga juga bisa membuat tubuh kita banjir keringat. Akibat banyaknya keringat yang kita keluarkan, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk segera mengganti pakaian yang kita pakai setelah yoga, khususnya legging.

Dilansir dari Doktersehat, pakaian yoga layaknya legging biasanya terbuat dari bahan yang sangat nyaman, sehingga walaupun kita telah bercucuran keringat setelah yoga, kita masih cukup nyaman untuk memakainya sekadar untuk bersantai. Sayangnya, legging yang biasanya ketat ini ternyata tidak baik untuk dipakai lama-lama dalam kondisi tubuh penuh keringat, mengingat kemampuannya menahan kelembapan dan panas pada tubuh. Kita pun harus segera melepas pakaian yoga dan menggantinya dengan pakaian lain.

Sudah menjadi rahasia umum di mana kondisi lembap dan panas adalah tempat paling ideal bagi pertumbuhan bakteri. Meskipun sebentar saja, waktu dimana kita bersantai sejenak setelah yoga ternyata bisa membuat pertumbuhan bakteri meningkat di area kaki, apalagi sekitar area selangkangan. Anda tentu tidak akan bisa membayangkan bukan, jika kita bahkan memakai legging yang sama selama perjalanan pulang dari tempat yoga.

Jika kita tetap nekat memakai legging setelah yoga, bisa jadi kita akan terkena infeksi jamur pada area selangkangan atau pangkal paha. Infeksi jamur sendiri bisa menyebabkan gatal-gatal, kulit kemerahan, hingga iritasi. Selain itu, area vagina juga berisiko mengalami gatal-gatal mengingat minimnya sirkulasi udara pada area ini yang ditambah dengan kelembapan yang berlebihan. 

Area lipatan selangkangan yang sering bergesekan, juga akan cenderung mengalami iritasi kulit yang parah jika kita tetap memakai legging setelah yoga. Folikel bulu pada kulit juga akan berisiko mengalami infeksi mengingat folikel akan berisiko terus bergesekan dengan pakaian ketat, dan bisa membuat banyak bakteri memasuki kulit, yang pada akhirnya menyebabkan benjolan layaknya jerawat dan berwarna merah atau bahkan bisul.