Minggu, 24 Juni 2018 16:48 WITA

Apakah Bawang Putih Aman untuk Anak-Anak?

Editor: Suriawati
Apakah Bawang Putih Aman untuk Anak-Anak?
INT

RAKYATKU.COM - Saat anak jatuh sakit, orang tua mungkin cenderung menggunakan obat-obatan dan antibiotik. Tapi tahukah Anda bahwa beberapa obat hanya akan membuat kuman lebih tahan terhadap obat-obatan dan justru akan tumbuh lebih kuat.

Lantas adakah cara aman untuk menyembuhkan anak tanpa menggunakan obat-obatan kimia? Jawabannya ya, dan Anda bisa mendapatkan bahannya di dapur. Itu adalah bawang putih.

Bawang putih memiliki sifat antiseptik, dan antibakteri, sehingga membuatnya menjadi bahan yang sangat efektif untuk berbagai pengobatan. Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan anak-anak:

1. Menyembuhkan masalah usus
Anak-anak memiliki kecenderungan untuk makan apa saja, dan junk food bisa menjadi favorit mutlak mereka. Karena itu, mereka bisa mengalami masalah pencernaan. Dalam hal ini bawang putih efektif dalam membunuh cacing berbahaya di perut tanpa mempengaruhi fungsinya.

2. Mengobati batuk dan flu
Anak-anak sangat rentan terhadap batuk dan pilek. Bawang putih mentah memiliki kualitas luar biasa yang akan memberikan bantuan instan untuk kedua penyakit ini.

3. Efektif untuk infeksi mata
Bawang putih mengandung vitamin C dan selenium, yang baik dalam mengobati mata bengkak dan berair. Namun, itu perlu digunakan sebagai tindakan pencegahan.

4. Mengobati infeksi telinga
Sakit telinga dapat secara efektif disembuhkan dengan menggunakan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun. Ini tidak hanya membunuh bakteri penyebab masalah tapi juga mencegah infeksi lebih lanjut.

Tapi sebelum menggunakan bawang putih pada anak Anda, penting untuk mengetahui apakah itu memang aman. Karena, dibalik sisi positofnya, bawang putih juga memiliki serangkaian efek samping.

Penggunaan bawang putih secara berlebihan bisa menyebabkan perdarahan, mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan atau diare. Itu juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

Untuk itu, baiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan bawang putih pada anak.