Minggu, 24 Juni 2018 11:19 WITA

Suka Makan Kimchi? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Suka Makan Kimchi? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan
Kimchi

RAKYATKU.COM - Jika Anda pecinta masakan Korea, maka kimchi bisa jadi salah satu makanan yang sering Anda konsumsi.

Ternyata, bukan hanya rasanya yang lezat, kimchi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Lauk ini rendah kalori, tinggi serat, dan kaya nutrisi.

Kimchi adalah gudang dari berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Ini juga kaya akan asam amino esensial dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan selenium. Selain itu, kimchi mengandung komponen bermanfaat termasuk capsaicin, klorofil, karotenoid, flavonoid, dan isothiocyanate dan memiliki jumlah lemak dan gula yang rendah.

Berikut manfaat kimchi untuk kesehatan:

1. Bagus untuk pencernaan
Kimchi adalah makanan yang sangat baik untuk pencernaan. Ini adalah sumber probiotik yang dikaitkan dengan proses fermentasi yang terlibat dalam pembuatannya. Proses fermentasi tidak hanya meningkatkan rasa tapi juga menciptakan bakteri yang sehat, lactobacillus, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan flora usus.

Kimchi terbuat dari kubis yang sudah terkenal dengan kualitas detoksifikasi dan membantu tubuh dalam menyingkirkan limbah dan racun. Ini membantu membersihkan usus dan merangsang asimilasi nutrisi yang lebih baik di dalam tubuh. Kandungan serat hadir dalam kimchi juga membantu menstabilkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

2. Mencegah serangan jantung
Bawang putih yang dijadikan sebagai bumbu kimchi, kaya akan selenium dan allicin. Allicin adalah komponen yang membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko terkena gangguan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selenium juga memberikan efek perlindungan pada dinding arteri dengan mencegah penumpukan plak dan menurunkan ancaman aterosklerosis.

3. Mengobati dermatitis atopik
Kehadiran bakteri lactobacillus dalam kimchi membuatnya menjadi bumbu multi-talenta. Ini memperluas efek terapeutik pada berbagai penyakit kulit seperti dermatitis atopik yang ditandai dengan peningkatan kadar imunoglobulin E dan lesi kulit seperti edema dan perdarahan.

4. Menurunkan berat badan
Kimchi adalah sumber bakteri lactobacillus sehat yang digunakan tubuh untuk berfungsi sehat. Bakteri yang baik ini juga membantu menurunkan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah. Kandungan serat yang ada di dalamnya membuat tubuh Anda kenyang lebih lama yang mencegah Anda makan berlebih.

5. Meningkatkan sistem imun
Berbagai bahan termasuk jahe, bawang putih, dan cabai yang terlibat dalam persiapan kimchi adalah pelindung super terhadap sistem kekebalan tubuh. Mereka membantu dalam melawan infeksi dan efektif menyembuhkan gejala pilek dan flu.

6. Anti penuaan
Manfaat lain yang berharga yang diberikan oleh kimchi adalah kualitas anti-penuaan, yang dapat dikaitkan dengan kehadiran antioksidan dan vitamin C.

7. Mengurangi maag
Kimchi memberikan efek terapeutik pada gastritis dan penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.