Minggu, 24 Juni 2018 08:21 WITA

7 Manfaat Mengejutkan dari Serai

Editor: Suriawati
7 Manfaat Mengejutkan dari Serai
Serai

RAKYATKU.COM - Serai adalah tanaman yang termasuk keluarga rumput Poaceae. Ini digunakan untuk memberikan aroma pada masakan.

Tapi, selain penggunaan kulinernya, serai menawarkan serangkaian manfaat sebagai obat-obatan karena memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba.

Serai juga merupakan sumber vitamin penting seperti vitamin A , vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), folat, dan vitamin C. Ini juga menyediakan mineral penting seperti kalium , kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan zat besi, yang diperlukan untuk fungsi tubuh manusia. Yang lebih penting, ini tidak menawarkan kolesterol atau lemak yang berbahaya.

Berikut beberapa manfaat serai
1. Menurunkan kolesterol
Serai mengandung sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat.  Konsumsi serai secara teratur diyakini bisa mempertahankan kadar trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh.

2. Detoksifikasi
Serai memiliki sifat diuretik. Ini membantu dalam meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, menghilangkan lemak, dan membantu menjaga sistem tetap bersih.

3. Mencegah kanker
Serai efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel normal tubuh yang sehat. Sebuah penelitian menemukan bahwa bahwa komponen citral yang hadir dalam serai, membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah produksi sel kanker lebih lanjut. Studi lain memberikan bukti pendukung mengenai efek anti-proliferasi citral dalam menghambat pertumbuhan kanker payudara.

4. Insomnia
Serai membantu menenangkan otot dan saraf, sehingga membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak.

5. Gangguan pernafasan
Serai banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda karena efek penyembuhannya dalam mengobati batuk dan pilek. Itu karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya membantu melegakan hidung tersumbat, flu dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma.

6. Mengobati Infeksi
Serai berfungsi sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kemih, berkat sifat antimikroba dan antijamurnya.

7. Sakit kepala
Serai mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesiknya. Fitonutrien yang ada di dalamnya meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meringankan kejang, kram otot, keseleo, dan sakit punggung.