Sabtu, 23 Juni 2018 13:56 WITA

Menyusui Dapat Mengurasi Nyeri Kronis Akibat Operasi Caesar

Editor: Suriawati
Menyusui Dapat Mengurasi Nyeri Kronis Akibat Operasi Caesar
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian menemukan bahwa ibu yang menyusui bayinya selama lebih dari dua bulan setelah melahirkan melalui operasi caesar, memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami rasa sakit yang persisten.

"Hasil awal ini menunjukkan bahwa menyusui selama lebih dari dua bulan melindungi terhadap nyeri pasca-caesar kronis, dengan peningkatan tiga kali lipat dalam risiko sakit kronis jika menyusui hanya dipertahankan selama dua bulan atau kurang," kata Carmen Alicia Vargas Berenjeno dari Rumah Sakit Universitario Nuestra Senora de Valme di Spanyol.

"Studi kami memberikan alasan bagus lainnya untuk mendorong wanita agar menyusui," tambah Berenjeno.

Nyeri kronis setelah kelahiran C-section, yang berlangsung selama lebih dari tiga bulan, mempengaruhi sekitar satu dari lima ibu.

Peneliti mengatakan, meskipun diterima secara luas bahwa ASI adalah nutrisi yang paling penting dan tepat dalam kehidupan awal bayi, sedikit yang diketahui tentang efek menyusui pada nyeri kronis ibu setelah operasi caesar.

Loading...

Rincian penelitian dipresentasikan pada acara tahunan Euroanaesthesia Congress 2017 di Jenewa.

Untuk penelitian ini, tim mengikuti 185 ibu yang menjalani C-section antara Januari 2015 hingga Desember 2016. Lebih dari setengah (54 persen) dari ibu yang menyusui melaporkan menderita kecemasan. Ada kemungkinan bahwa kecemasan selama menyusui dapat mempengaruhi kemungkinan rasa sakit di bekas operasi.

Lebih lanjut, ibu-ibu dengan pendidikan universitas ditemukan jauh lebih kecil kemungkinannya mengalami rasa sakit yang persisten dibandingkan dengan mereka yang berpendidikan rendah.

Loading...
Loading...