Kamis, 21 Juni 2018 17:52 WITA

Virus Keystone Pertama Pada Manusia Dilaporkan di Florida

Editor: Suriawati
Virus Keystone Pertama Pada Manusia Dilaporkan di Florida
INT

RAKYATKU.COM - Seorang remaja florida didiagnosis terjangkit virus Keystone. Ini adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, dan merupakan kasus pertama pada manusia yang dikonfirmasi.

Virus ini dapat menyebabkan ruam dan demam ringan. Ini dinamai sesuai dengan nama di daerah Teluk Tampa di mana itu pertama kali diidentifikasi pada tahun 1964. Ini telah ditemukan pada hewan di sepanjang wilayah pesisir AS dari Texas ke Teluk Chesapeake.

Kasus ini dilaporkan oleh Peneliti di University of Florida dan diterbitkan pada 9 Juni dalam jurnal Clinical Infectious Diseases. Dalam uraiannya, peneliti menggambarkan kasus seorang remaja laki-laki yang pergi ke klinik dengan ruam dan demam pada Agustus 2016, selama epidemi virus Zika di Florida dan Karibia.

Hasil tes pada pasien menunjukkan negatif untuk Zika atau virus terkait, tapi positif untuk virus Keystone.

"Meskipun virus ini belum pernah ditemukan pada manusia, infeksi ini sebenarnya cukup umum di Florida Utara," kata penulis, Dr. J. Glenn Morris.

Loading...

"Virus-virus ini diketahui menyebabkan ensefalitis (radang otak) pada beberapa spesies, termasuk manusia," kata peneliti.

Namun, remaja di Florida tidak memiliki gejala ensefalitis. Tapi penulis penelitian melaporkan bahwa virus tumbuh dengan baik dalam kultur sel otak tikus, yang menunjukkan bahwa Keystone dapat menginfeksi sel-sel otak dan dapat menimbulkan risiko infeksi otak.

Meskipun ini adalah kasus pertama yang terdokumentasi dari infeksi Keystone pada manusia, infeksi semacam itu sudah lama diduga terjadi.

Sebuah artikel tahun 1972 dalam American Journal of Tropical Medicine and Hygiene melaporkan antibodi virus Keystone pada 19 hingga 21 persen orang yang diuji di wilayah Teluk Tampa.

Loading...
Loading...