Kamis, 21 Juni 2018 11:23 WITA

Manfaat Air Beras Untuk Rambut

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Manfaat Air Beras Untuk Rambut

RAKYATKU.COM - Manfaat air cucian beras untuk merawat kecantikan sudah sering terdengar. Bahkan air beras juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. 

Pada tahun 2010, hasil penelitian tentang air cucian beras menyatakan bahwa bahan yang satu ini dapat mengurangi gesekan antarpermukaan dan dapat meningkatkan elastisitas rambut. Sayangnya, simpulan penelitian ini bersumber dari contoh-contoh historis di masa lampau sehingga belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Penelitian lainnya juga dilakukan untuk mencari tahu berbagai manfaat air cucian beras untuk rambut. Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa inositol, yaitu bahan yang ditemukan dalam air beras mampu menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam. Maka, hal ini akan berefek pada tampilan rambut yang sehat dan indah. Bahkan, inositol mampu membantu melindungi rambut dari kerusakan di masa depan.

Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mendukung bukti ilmiah bawa air beras memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Meski begitu, Anda bisa tetap mencoba sendiri pakai air cucian beras untuk melihat seberapa efektif bahan ini untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut.

Loading...

Agar mendapatkan manfaat air beras yang optimal, Anda bisa menggunakannya sebagai kondisioner. Berikut langkah-langkahnya, yang bisa Anda coba di rumah;

- Cuci rambut Anda dengan sampo.
- Bilas bersih dengan menggunakan air keran.
- Tuangkan air beras ke rambut secara perlahan dan menyeluruh.
- Pijat kulit kepala dan biarkan hingga 20 menit.
- Bilas rambut hingga bersih dengan air keran.

Anda bisa merawat rambut dengan air beras dua kali dalam seminggu. Setelah satu bulan, perhatikan adakah perubahan pada rambut Anda. Sebagian orang yang menggunakannya secara rutin mengaku rambutnya menjadi lebih tebal dan mudah diatur. Oleh karena itu, buktikan sendiri manfaat air beras dengan mencobanya sendiri di rumah.

Loading...
Loading...