Selasa, 19 Juni 2018 17:03 WITA

Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Pemberian ASI

Editor: Suriawati
Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Pemberian ASI
INT

RAKYATKU.COM - ASI merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan oleh ibu untuk bayinya. Jika Anda baru saja melahirkan anak pertama, maka Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang semua kebutuhan si kecil, termasuk seberapa sering Anda harus menyusuinya.

Rata-rata, bayi yang baru disusui biasanya akan merasa lapar setiap 2-3 jam sekali sepanjang waktu. Itu hampir 8 hingga 12 kali dalam sehari (24 jam). Bayi yang baru lahir memiliki perut yang kecil, sehingga ASI mudah dicerna, dan membuatnya mudah lapar.

Namun, tidak semua bayi memiliki jadwal ketat seperti ini. Bayi Anda mungkin ingin menyusui lebih sering, dalam waktu yang singkat, dan kemudian dia akan tertidur untuk waktu yang lebih lama. Menyusui jenis ini dikenal sebagai cluster feeding.

Jika Anda bayi terlalu mengantuk, terutama pada hari-hari awal, Anda harus membangunkan dia untuk menyusu. Semua pola ini sangat normal. Tapi Anda tidak disarankan untuk menjadwal waktu makan bayi. Sebaliknya, susui bayi Anda sesuai permintaannya dan kapan saja ia tampak lapar. Ini juga akan memberi mereka rasa aman dan nyaman.

Pemberian ASI yang sesuai permintaan juga membantu dalam peningkatan suplai ASI Anda, yang pada gilirannya akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap bayi yang sedang tumbuh.

Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Pemberian ASILantas, bagaimana mengetahui bahwa bayi lapar? Memang, bayi Anda tidak dapat memberi tahu Anda secara lisan bahwa ia lapar, tapi ia akan memberi Anda petunjuk tentang hal itu dengan cara lain.

Beberapa tanda bayi sedang lapar adalah:
1. Waspada, terjaga atau aktif
2. Mengisap jari
3. Menggerakkan bibir
4. Menjulurkan lidah
5. Berdengung atau membuat suara
6. Menarik kaki ke atas
7. Memindahkan kepala dari satu sisi ke sisi lain
8. Menempatkan kepalanya ke dada saat Anda memeluknya
9. Menangis

Loading...

Usahakan Anda menghindari tanda-tanda yang terakhir. Cobalah menyusui bayi Anda sebelum dia mulai menangis. Menangis adalah tanda bahwa ia sangat kelaparan. Lagipula, begitu bayi Anda mulai menangis, mungkin dia akan sulit untuk ditenangkan. Juga, bayi yang baru lahir mungkin lelah atau kehilangan energi saat menangis.

Berapa lama sebaiknya Anda menyusui bayi Anda? Pada awalnya, Anda harus menyusui bayi Anda selama dia ingin tetap di payudara Anda. Terus lakukan sampai Anda tahu dan perhatikan tanda-tanda bahwa bayi Anda puas. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa bayi Anda mendapat cukup ASI setiap kali menyusui.

Selain itu, menyusui lebih lama akan menstimulasi produksi ASI Anda dan membantu Anda meningkatkan suplai ASI. Pada awalnya, cobalah menyusui bayi Anda selama sekitar 10-15 menit pada setiap payudara Anda. Setelah bayi Anda lebih tua, ia akan dapat menyusui lebih cepat.

Berikut tanda-tanda jika bayi Anda sudah kenyang:
1. Mereka mungkin berhenti menyusui dan lidahnya dari payudara Anda.
2. Mereka mungkin berhenti mengisap, dan payudara Anda mungkin terasa kurang penuh.
3. Mereka mungkin tertidur, dan payudara Anda mungkin terasa kurang penuh.
4. Mereka mungkin berpaling dari payudara Anda.

Sumber: Boldsky

Loading...
Loading...