Jumat, 15 Juni 2018 10:22 WITA

Tips Cegah Kolesterol di Hari Lebaran

Editor: Andi Chaerul Fadli
Tips Cegah Kolesterol di Hari Lebaran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedokteran UMI, dr Asriani Safitri menjelaskan, Lebaran identik dengan berbagai jenis makanan seperti ketupat, lontong, opor ayam, rendang, ataupun gulai.

"Kesemuanya itu termasuk makanan yang berlemak dan bersantan sebab berasal dari lemak jenuh dan lemak trans yang jika dimakan berlebihan dapat menaikkan kadar kolesterol pada tubuh," jelasnya, Jumat (15/6/2018).

Asriani yang juga Dosen FK UMI menambahkan, lemak jenuh dapat ditemukan pada mentega, keju, produk susu, santan, daging berlemak ataupun kulit ayam. Sedangkan lemak trans dapat di temukan pada margarin atau makanan yang di goreng.

Kolesterol adalah lemak yang terdapat  di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya di butuhkan oleh tubuh untuk pembentukan dinding sel atau sebagai bahan baku beberapa hormon, tetapi jika kadar kolesterol tersebut berlebihan dalam tubuh maka akan menimbulkan berbagai penyakit.

"Kolesterol normal adalah di bawah 200 mg/dl dan jika lebih dari 240 mg/dl maka akan beresiko tinggi terkena penyakit Jantung atau pun Stroke," ungkapnya kepada Rakyatku.com(14/6/2019).

Kolesterol secara alamiah bisa di bentuk oleh tubuh dan selebihnya berasal dari makanan. Dengan demikian berikut cara untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol selama lebaran yaitu :

1. Hindari konsumsi daging yang berlemak

2. Hindari konsumsi kulit ayam (misalnya sate ayam dan lain-lain)

3. Batasi makan udang, kepiting dan seafood lain.

4. Batasi makan yang bersantan ,berminyak atau pun di goreng (sebaiknya di rebus, kukus, panggang atau di bakar)

5. Batasi mengkonsumsi minuman yang bersoda atau minuman yang manis-manisdan perbanyaklah minum air putih.

6. Batasi konsumsi kue-kue kering

7. Perbanyak makan yang tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran.

8. Konsumsi jenis lemak baik yaitu lemak tak jenuh rantai tunggal atau lemak tak jenuh rantai panjang. Seperti minyak jagung, minyak zaitun, minyak soya, kacang-kacangaan, dan lain-lain.

9. Tetap lakukan aktivitas fisik yaitu berolahraga rutin agar lemak dalam tubuh dapat terbakar dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging 30 menit setiap hari.