Jumat, 15 Juni 2018 06:16 WITA

Cara Menghilangkan Bintik-bintik Putih di Kuku

Editor: Suriawati
Cara Menghilangkan Bintik-bintik Putih di Kuku
INT

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda memperhatikan kuku Anda dan melihat bintik-bintik putih? Itu adalah leukonychia.

Ada beberapa alasan munculnya bintik-bintik putih di kuku jari. Beberapa diantaranya adalah infeksi jamur, alergi karena penggunaan produk tertentu, kekurangan kalsium, cedera kuku, dll.

Bagi sebagian orang bintik-bintik ini bisa sangat menyebalkan, dan mengurangi rasa percaya diri. Nah untuk menghilangkan-nya, berikut beberapa pengobatan alami yang bisa membantu mengobati bintik-bintik putih dan noda pada kuku jari.

1. Lemon dan minyak zaitun
Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat membantu menghilangkan noda dan bintik-bintik secara efektif. Minyak zaitun memberi nutrisi pada kuku.

Caranya:
Campurkan sekitar 2-3 sendok teh perasan lemon segar dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan ini pada kuku Anda dan biarkan selama 25-30 menit dan cuci dengan air biasa. Anda dapat mengulang ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik. 

2. Minyak kelapa
Sifat anti-inflamasi dan anti-jamur dalam minyak kelapa membantu dalam mengobati infeksi jamur

Caranya
Ambil beberapa tetes minyak kelapa organik dan tempelkan ke kuku Anda. Pijat lembut dengan gerakan memutar dan biarkan semalam. Keesokan paginya, bilas dengan air biasa.

3. Cuka putih
Cuka putih bisa membantu menghilangkan bintik-bintik dan bercak-bercak putih pada kuku.

Caranya
Encerkan ½ cangkir cuka dalam of cangkir air hangat. Celupkan jari Anda ke dalam larutan ini selama sekitar 15-20 menit. Ulangi obat ini setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

4. Baking soda
Baking soda mengandung sifat alkali yang membantu menghilangkan noda dan mengurangi bintik-bintik putih.

Caranya
Masukkan secangkir baking soda dalam mangkuk. Tambahkan sedikit cuka, dan ¼ cangkir air dan campurkan dengan baik. Rendam jari-jari Anda ke dalam larutan ini dan diamkan selama 15-20 menit. Ulangi ini sekali setiap hari selama seminggu untuk melihat hasilnya.