Rabu, 13 Juni 2018 11:47 WITA

Cegah Bronkitis Dengan Menggunakan Masker Selama Perjalanan Mudik

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Cegah Bronkitis Dengan Menggunakan Masker Selama Perjalanan Mudik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dokter Spesialis Paru dari FK UMI, dr Edward Pandu Wiriansya mengatakan penyebab utama Bronkitis kronik adalah merokok dan polusi udara.

"Sebaiknya saat perjalan mudik ke kampung halaman, menggunakan masker penutup mulut, agar tidak terlalu terpapar dengan polusi udara, seperti debu dan asap kendaraan. Apalagi jika menggunakan transportasi umum, terkadang banyak penumpang masih merokok di tempat umum seperti bus," ujarnya, Rabu (13/6/2018).

Dokter Edo menambahkan, bronkitis adalah suatu peradangan atau inflamasi pada saluran napas. Dimana terbagi atas 2 yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronik.

Bronkitis akut terjadi hingga 3 minggu,  dan pada umumnya menyerang anak dibawah 5 tahun. Penyebab dari bronkitis akut ini adalah alergi dan virus. Sedangkan bronkitis kronik terjadi hingga 3 bulan, bronkitis kronik umumnya menyerang usia tua terutama pada laki laki.
  
Gejala dari bronkitis adalah batuk dengan dahak yang kental, sesak yang semakin lama semakin memberat biasanya pada udara dingin.  Sesak umumnya datang pada malam hari terutama pada org tua sehingga menyebabkan gangguan tidur.

Gejala yang ketiga adalah demam yang tidak terlalu tinggi, biasanya terjadi pada bronkitis akut.

"Sedangkan komplikasi yangg di timbulkan pada anak, umumnya akan terjadi pnemonia, sedangkan bronkitis kronis dapat menyebabkan gagal jantung kanan," pungkasnya.

Berita Terkait