Selasa, 12 Juni 2018 17:44 WITA

Ini Nutrisi Penting yang Didapat Bayi dari ASI

Editor: Suriawati
Ini Nutrisi Penting yang Didapat Bayi dari ASI
INT

RAKYATKU.COM - Hanya ada beberapa hal di dunia yang semurni kasih sayang seorang ibu dan hal yang berada di urutan teratas daftar ini adalah Air Susu Ibu (ASI).

ASI adalah makanan terbaik yang bisa diberikan ibu kepada bayinya yang baru lahir, tepat setelah kelahiran dan selama beberapa bulan pertama hidupnya.

Para dokter menyarankan agar ibu menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan. Mengapa demikian? Itu karena ASI ringan pada perut bayi, dan mudah dicerna oleh mereka.

ASI juga mengandung jumlah nutrisi yang tepat, yang membantu sistem kekebalan bayi menjadi lebih kuat. Berikut rincian mengenai komposisi ASI:

1. Air
ASI terdiri dari 90% air. Anda mungkin memperhatikan bahwa ASI sedikit berair daripada susu biasa. Ini membuatnya cocok untuk perut bayi yang baru lahir, di mana sistem pencernaannya masih berkembang. Karena komponen utamanya adalah air, maka ASI bisa menjaga bayi tetap terhidrasi dan juga melindungi organ-organ bagian dalamnya.

2. Protein
Protein sangat penting untuk otot, dan itu sangat penting untuk bayi. ASI mengandung jumlah protein tepat yang membantu bayi Anda tumbuh dan berkembang. Protein terpenting yang ditemukan di dalamnya adalah laktoferin, yang menjauhkan bayi Anda dari segala jenis infeksi. Ini juga membantu tubuhnya menyerap zat besi, yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan.

3. Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi yang penting. Gula susu biasa yang disebut laktosa lebih banyak di dalam ASI dan dari sini lah bayi Anda mendapatkan sebagian besar energinya. Karbohidrat penting lainnya yang ditemukan dalam ASI adalah oligosakarida. Ini membantu mempromosikan bakteri sehat di usus dan menjauhkan diare.

4. Lemak
Bayi Anda membutuhkan lemak karena dua alasan. Lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi mereka dan juga membantu dalam penambahan berat badan, yang merupakan faktor yang sangat penting pada bayi yang sedang tumbuh. Asam lemak esensial seperti DHA diperlukan untuk perkembangan otak bayi serta membangun sistem saraf dan penglihatannya.

5. Immunoglobin
ASI kaya akan immunoglobin, yaitu antibodi yang membantu bayi Anda melawan kuman yang menyebabkan infeksi. Sistem kekebalan bayi Anda tidak sepenuhnya berkembang, membuatnya rentan terhadap infeksi, yang dapat berfungsi sebagai rintangan dalam pertumbuhannya. Dengan demikian, ASI akan memastikan bahwa bayi Anda tidak sering jatuh sakit.

6. Vitamin
Vitamin adalah kelompok nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Jumlah vitamin yang sehat, terutama vitamin D bisa membantu menjauhkan bayi dari kudis. Vitamin lain seperti Vitamin A dan B3 membantu bayi menumbuhkan rambut dan kulit yang sehat.

7. Hormon dan enzim
Karena tubuh bayi Anda tidak sepenuhnya mempu untuk mensekresikan hormon, ASI Anda menjadi sumber utama dari itu. Hormon-hormon utama seperti prolaktin, thyroxin dan endorphins membantu fungsi bayi Anda tetap normal. Enzim yang ditemukan dalam susu membantu bayi mencernanya.

8. Mineral
Tubuh bayi Anda membutuhkan beberapa mineral seperti zat besi, seng dan natrium. Mineral ini membantu tubuhnya memenuhi kebutuhan darah, saat ia tumbuh. Semua itu juga membantu mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh dan membantu dalam respirasi dan fungsi jantung yang sehat.

Singkatnya, semua yang dibutuhkan bayi Anda untuk tumbuh sudah ada dalam ASI.