Selasa, 12 Juni 2018 02:39 WITA

Penyebab Flu dan Upaya Pencegahannya

Editor: Aswad Syam
Penyebab Flu dan Upaya Pencegahannya
Ilustrasi flu

RAKYATKU.COM – Influenza atau flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus. Flu sangat menular dan biasanya disebarkan oleh batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi.

Dilansir dari doktersehat, Anda juga dapat terkena flu dengan menyentuh orang yang terinfeksi, misalnya, berjabat tangan. Orang dewasa menular 1-2 hari sebelum mendapatkan gejala dan hingga 7 hari setelah jatuh sakit. Ini berarti Anda dapat menyebarkan virus influenza, bahkan sebelum tahu bahwa Anda terinfeksi.

Sering kali orang beranggapan apabila anak terserang batuk dan flu disebabkan karena mengonsumsi gorengan atau es dalam jumlah yang berlebihan, atau penyebab lainnya karena kelelahan, kehujanan, terkena debu, naik sepeda motor atau polusi lainnya. Ternyata semua anggapan tersebut tidak benar, itu semua bukan menjadi penyebab langsung timbulnya batuk, pilek, dan demam pada anak.

Daya tahan tubuh menjadi faktor penting bagi penderita flu, demam, batuk, dan pilek. Bila tidak ada kontak dan sumber penularan flu tidak akan terjadi, karena virus tersebut tidak akan beterbangan di udara.

Mitos Penyebab Flu
Mitos tidak benar tentang penyebab flu, pilek, demam, dan batuk:

Karena cuaca dan perubahan musim.
Karena makan gorengan atau makan krupuk.
Karena hujan
Karena masuk angin akibat kipas angin atau naik kendaraan.
Karena kelelahan dan kurang tidur.
Karena naik sepeda motor.
Karena minum es.
Karena panas dalam udara dingin, berenang atau AC.
Kena debu rumah, debu bangunan atau bulu binatang.
Beberapa faktor tersebut bukan menjadi penyebab utama. Tapi menjadi faktor yang memperberat bukan faktor utama. Kalaupun ada faktor debu, dingin, minum es pada penderita alergi hanya menjadi keluhan batuk sesaat dan sebentar akan membaik dalam beberapa jam kemudian.

Hal ini disebabkan karena alergi bukan virus. Karena, infeksi saluran napas harus ada sumber penularan kontak yang terkena infeksi. Misalnya minum es memang akan memperberat batuk, dan pilek yang terjadi.

Pada penderita alergi kadang kala bukan hanya es, tetapi kandungan es yang ada seperti es jeruk atau es cokelat bisa menjadi penyebab alergi batuk. Bila terdapat faktor tersebut di atas tetapi tidak ada kontak yang sakit flu atau virus maka tidak akan terjadi atau tertular infeksi tersebut.

Pencegahan Flu
1. Gunakan vaksin flu
Gunakan vaksin flu pada saat musim flu datang. Tetapi tidak semua virus flu dapat di tangkal oleh vaksin flu tersebut. Dari waktu ke waktu terdapat juga jenis vaksin dengan tipe virus yang sedang menjadi wabah. Tapi selain berbeda tipe virus nya, sering kali muncul tipe virus yang lolos dari upaya penangkalan, itu di karenakan banyaknya tipe virus dan strain virus flu yang ada.

2. Perkuat kekebalan tubuh
Dengan istirahat yang cukup dan menu makanan yang bergizi tinggi terutama disaat musim hujan merupakan cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. Minum air hangat, mandi air hangat, dan baluri tubuh dengan obat gosok. Pilih makanan bergizi tinggi khususnya yang berprotein tinggi seperti: susu, telur, daging dan sayur mayur berwarna hijau. Hindari hembusan angin, berada di udara terbuka apalagi mandi hujan.

3. Hindari paparan udara dingin
Semakin sering tubuh kita terpapar dengan udara dingin semakin mudah kita terserang virus, bukan hanya virus flu tapi semua jenis virus. Virus mudah menjangkit tubuh kita apabila ketahanan tubuh semakin melemah. Maka untuk melawan agar virus menyerang adalah dengan menjaga agar ketahanan tubuh kita kuat. Jika ketahanan tubuh kita kuat maka virus yang sudah masuk akan bisa dibasmi atau ditumpas secara alami, sehingga kita batal jatuh sakit flu.

4. Rajin basuh tangan dengan sabun
Tangan kita menjadikan sumber perpindahan virus ke tubuh kita melalui aktivitas seperti: bersentuhan dengan daun pintu, bersentuhan dengan uang, pintu mobil dan lain-lain yang juga di sentuh oleh orang selain kita. Studi tentang hal ini sudah di pelajari sewaktu SARS mewabah. Dari sana virus yang sudah mencemari segala yang di sentuh oleh pengidap flu bisa berpindah ke jemari tangan kita.

5. Sering berkumur-kumur
Virus flu memasuki tubuh melewati lubang hidung dan rongga mulut. Selain hidung harus terjaga bersih, mulut pun pertahanannya perlu kokoh atau kuat. Maka disarankan untuk berkumur sesering mungkin. Untuk obat kumur kita bisa menggunakan seduhan daun sirih atau memakai obat kumur yang ada di pasaran. Dengan cara demikian kita berusaha menghilangkan bibit penyakit yang mungkin sudah mulai mengendap di rongga mulut, termasuk bibit virus flu.

Jika cara di atas dipraktikkan setiap hari maka tubuh kita akan selalu sehat dan aman dari serangan flu. Jika badan sudah terasa pegal-pegal, bersin-bersin, kepala pusing, mata terasa panas, dan batuk-batuk kecil, kemungkinan itu adalah gejala awal penyakit flu, segera minum obat flu apa saja dan tidur setelah kita meminum minuman yang hangat. Dengan cara itu penyakit flu batal muncul.