Senin, 11 Juni 2018 16:09 WITA

Fakta Nutrisi Beras yang Perlu Anda Tahu!

Editor: Suriawati
Fakta Nutrisi Beras yang Perlu Anda Tahu!
INT

RAKYATKU.COM - Beras merupakan makanan pokok orang Indonesia. Beras bersifat serbaguna dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan rasa dan bumbu apapun.

Karena telah menjadi makanan pokok, maka sebagian dari kita mungkin hanya mengonsumsi beras, tanpa pernah memikirkan nilai gizinya. Berikut fakta menarik tentang gizi beras:

1. Serat
Beras merah mengandung 1,8 persen serat. Beras putih memiliki 0,3 persen serat. Beras mengandung pati tahan, yang membantu memberi makan bakteri menguntungkan dalam usus, sehingga merangsang pertumbuhannya.

2. Vitamin dan mineral
Beras merah mengandung vitamin dan mineral seperti mangan, selenium, tiamin, niacin, magnesium, dan tembaga. Tiamin adalah vitamin B yang membantu metabolisme karbohidrat, dan magnesium membantu reaksi enzim yang terlibat dalam sintesis DNA. Mangan membantu metabolisme karbohidrat dan protein.

3. Karbohidrat
Karbohidrat hadir dalam beras dalam bentuk pati. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh.

Fakta Nutrisi Beras yang Perlu Anda Tahu!Meski demikian, beras juga dikaitkan dengan masalah diabetes. Makan nasi dalam jumlah besar dapat menyebabkan Anda mengonsumsi kelebihan kalori dan karbohidrat.

Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa dan setiap kelebihan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Hal itu dapat meningkatkan gula darah Anda dengan cepat, dan menghasilkan peningkatan kadar insulin. Untuk pasien diabetes, ini bisa menjadi masalah.

Sebagai alternatif terbaik, Anda bisa mengganti beras putih dengan beras merah.