Minggu, 10 Juni 2018 09:52 WITA

5 Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Editor: Suriawati
5 Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Gigi
INT

RAKYATKU.COM - Menjaga kebersihan mulut sangat penting. Menyikat gigi setiap hari, flossing, dan melakukan pemeriksaan gigi rutin adalah cara menjaga kesehatan mulut yang benar. 

Sebaliknya, menyikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan pembentukan plak dan karang gigi. Pada akhirnya itu mengarah ke beberapa penyakit gigi dan gusi lainnya.

Sebelum menjadi lebih buruk, Anda harus melakukan perawatan yang tepat. Berikut cara menghilangkan karang gigi dan mencegah penyakit mulut lainnya.

1. Gosok Gigi dengan benar
Ya, ini yang paling penting. Menyikat gigi dengan benar setelah makan dapat mencegah pembentukan karang gigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menyikat gigi, dan sikat semua sudut di atas permukaan gigi sehingga gigi benar-benar dibersihkan. Ingat untuk selalu memegang sikat pada sudut 45 derajat ke garis gusi.

2. Gunakan pasta gigi fluoride
Pasta gigi fluoride membantu meningkatkan konsentrasi fluoride di gigi, yang memperkuat enamel gigi dan mencegah gigi berlubang. Menggunakan pasta gigi berfluoride juga membantu untuk remineralisasi area yang terkena pembusukan dan melindunginya dari bakteri yang bertanggung jawab untuk pembentukan karang gigi.

3. Sikat dengan campuran baking soda
Bahan yang Anda butuhkan:
1 sendok makan baking soda
Sedikit garam
Sikat gigi

Caranya
Campurkan baking soda dan garam, dan letakkan campuran ini pada sikat gigi yang basah. Gosok gigi Anda dengan lembut. Berkumurlah dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari. Setelah plak dibersihkan, Anda dapat terus menggunakan obat ini setiap 7-10 hari sekali.

Baking soda menenangkan gigi dan gusi dan memberikan efek anti bakteri pada plak dan karang gigi. Ini juga membantu pengangkatan plak dan memutihkan gigi.

4. Kulit jeruk
Caranya siapkan kulit jeruk, dan gosokkan langsung pada gigi selama 2-3 menit, dan biarkan selama 2-3 menit lagi. Bilas mulut Anda dengan air bersih. Kulit jeruk juga bisa dibuat menjadi pasta dan dioleskan ke gigi. Biarkan pasta selama 1-2 menit dan kemudian bilas. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Kulit jeruk membantu melawan mikroorganisme di mulut. Ini adalah cara alami untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak.

5. Mengunyah buah dan sayuran
Mengunyah apel, wortel, atau seledri bisa memberikan manfaat untuk gigi. Kunyah buah atau sayuran ini satu jam setelah makan Anda untuk membersihkan gigi Anda secara alami. Ini tidak hanya menghilangkan partikel makanan, plak atau karang gigi Anda, tetapi juga memperkuat gusi.