Sabtu, 09 Juni 2018 13:27 WITA

Jangan Sepelekan, Muntaber Dapat Sebabkan Kematian

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Jangan Sepelekan, Muntaber Dapat Sebabkan Kematian

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penyakit  Gastroenteritis Akut (GEA)  adalah peradangan pada saluran pencernaan, khususnya lambung, usus besar, dan usus kecil. Virus dan bakteri gastroenteritis adalah infeksi usus yang berhubungan dengan gejala diare berair, kram perut, mual, dan muntah.

Tanda dan gejala yang biasa timbul yakni muntah, nyeri perut melilit, BAB cair dan berbusa lebih dari 5 kali sehari, serta merasa lemas akibat kekurangan cairan.

Biasanya, masyarakat menyepelekan gejala ini. Padahal jika terkena GEA, nyawa pun dapat terancam.

Dokter Fakultas Kedokteran UMI, dr Resky mengatakan, GEA atau biasa disebut dengan Muntaber oleh masyarakat, disebabkan oleh bakteri bakteri E. Coli.

"Kenali tanda kekurangan cairan atau dehidrasi terutama pada anak karena dapat menyebabkan kematian dengan cepat atau syok hipovolemik pada kasus dehidrasi berat,"  jelasnya.

Ia menambahkan, jika gejala yang telah disebutkan, disertai lemas atau tampak mengantuk, mata cekung dan dalam, produksi urin berkurang atau tidak keluar, denyut nadi teraba cepat, mual muntah hebat, turgor lambat yaitu kulit yang ketika dicubit akan kembali dengan lambat, maka sebaiknya lekas membawa penderita ke Rumah Sakit.