Jumat, 08 Juni 2018 12:56 WITA

Cara Atasi Mual Saat Perjalanan Mudik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Atasi Mual Saat Perjalanan Mudik

RAKYATKU.COM - Berdasarkan sebuah penelitian, 3 dari 10 orang rentan mengalami mabuk saat melakukan perjalanan jauh. Wanita, wanita hamil, dan anak-anak yang berusia 3-12 tahun termasuk dalam kelompok ini.

Untuk mencegah mabuk perjalanan saat mudik, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan. Berikut diantaranya yang dipaparkan oleh dr Jessica dari Klik Dokter:

1. Usahakan agar gerakan tubuh dan kepala dijaga seminim mungkin. Menggunakan ganjalan leher atau bantalan kepala dapat membantu supaya kepala Anda tidak terlalu banyak bergerak.

2. Pastikan agar pandangan mata terfiksasi pada objek yang stabil. Hindari membaca atau bermain karena dapat membuat gejala semakin parah. Menutup mata juga dapat membantu mengurangi gejala.

3. Bernapaslah dengan udara segar. Membuka jendela atau mencari udara segar ke dek kapal akan membantu mengurangi gejala. Hindari udara yang terlalu panas atau terlalu dingin.

4. Relaksasi. Mendengarkan musik atau menenangkan diri dengan teknik pernapasan dalam juga dapat membantu.

5. Hindari makan terlalu kenyang atau minum terlalu banyak.

6. Tetap tenang dan rencanakan perjalanan Anda sejak jauh hari agar Anda terhindar dari kekhawatiran atau hiruk pikuk perjalanan karena terlalu terburu-buru dan tidak terencana dengan baik.

Jika Anda atau keluarga termasuk dalam kelompok orang sering mengalami mabuk perjalanan yang berat, sebaiknya Anda menyiapkan obat-obatan sebagai antisipasi jika Anda mengalaminya lagi. Meski demikian, sebelum mengonsumsi obat-obatan konsultasikan terlebih dulu hal ini dengan dokter.