Kamis, 07 Juni 2018 11:02 WITA

Penurunan Berat Badan Bisa Memperburuk Kepadatan Tulang

Editor: Suriawati
Penurunan Berat Badan Bisa Memperburuk Kepadatan Tulang

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa penurunan berat badan dapat memperburuk kepadatan dan kekuatan tulang.

Penelitian tersebut diterbitkan di Journal of Bone and Mineral Research, dan menunjukkan bahwa pria dan wanita yang mengalami penurunan berat badan jangka pendek (lebih dari 4-6 tahun) dan penurunan berat badan jangka panjang (lebih dari 40 tahun) memiliki lebih banyak kerusakan mikro-arsitektur tulang, dibandingkan orang-orang yang tidak kehilangan berat badan.

Douglas P. Kiel, peneliti utama untuk studi tersebut mengatakan, "penelitian ini penting karena menggunakan data tentang perubahan berat badan lebih dari 40 tahun pada peserta dalam Studi Framingham."

Menurut peneliti, mereka yang kehilangan berat badan 5% atau lebih selama 40 tahun, memiliki peningkatan hampir tiga kali lipat mengalami risiko patah tulang.

Elizabeth Samelson, PhD, penulis senior makalah ini memperingatkan bahwa "Orang dewasa yang lebih tua yang kehilangan berat badan harus menyadari potensi efek negatif." Dengan demikian, mereka bisa mempertimbangkan meniadakan efek ini melalui intervensi seperti latihan beban dan makan makanan seimbang.

Tags