Kamis, 07 Juni 2018 05:00 WITA

Tak Harus KB, Anda Bisa Atur Kehamilan dengan Kalkulator Masa Subur Ini

Editor: Abu Asyraf
Tak Harus KB, Anda Bisa Atur Kehamilan dengan Kalkulator Masa Subur Ini
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Mengonsumsi pil KB atau menggunakan alat kontrasepsi lainnya dianggap efektif untuk mengatur kehamilan. Namun, obat dan alat tersebut cenderung punya efek samping. Salah satu yang paling aman adalah berhubungan suami istri di luar masa subur.

Apabila anda ingin mempunyai anak, kalkulator masa subur ini akan sangat membantu Anda menentukan kapan saat tepat untuk anda berhubungan intim dengan suami. 

Selain itu dapat juga digunakan untuk sebaliknya, apabila belum ingin mempunyai anak dengan cara menghindari berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi karena kemungkinan hamil pada saat ovulasi terjadi sangat tinggi. Sebab kalkulator ini disertai dengan kalender masa subur.

Kondisi akan sangat subur pada hari sebelum dan setelah ovulasi. Tetapi perlu diingat sperma mempunyai dayan tahan sampai dengan tujuh hari. Sehingga terkadang kehamilan tidak terjadi secara langsung pada hari itu juga.

Pada umumnya satu siklus menstruasi atau “datang bulan” adalah 28 hari. Sekalipun begitu pada beberapa wanita lamanya dapat bervariasi mulai dari 22 hari hingga 36 yang bergantung pada banyak variable (kegiatan, jenis makanan, kondisi fisik dan psikis).

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama terjadi hingga satu hari hari sebelum menstruasi berikutnya. Sebagai contoh, menstruasi terjadi pada tanggal 1 Oktober 20017 dan menstruasi bulan berikutnya adalah 29 Oktober 20017, maka berarti siklus menstruasi anda selama 28 hari. 

Tetapi apabila menstruasi tidak mempunyai lama siklus yang tepat ada baiknya mencoba mengamati selama tiga bulan dan mengambil rata-rata siklus menstruasi Anda.

Kalkulator menghitung masa subur wanita ini juga dilengkapi dengan prediksi kapan Anda akan melahirkan apabila anda berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi. Perlu diingat kalkulator ini hanya saran dari perhitungan teknikal yang pada umumnya sehingga terkadang hasil yang ada berbeda dengan kenyataannya.

Untuk menghitung masa subur Anda, silakan klik DI SINI