Selasa, 05 Juni 2018 18:12 WITA

Obat Tekanan Darah ini Rupanya Ampuh Atasi Jerawat

Editor: Suriawati
Obat Tekanan Darah ini Rupanya Ampuh Atasi Jerawat
INT

RAKYATKU.COM - Jerawat merupakan masalah kulit yang sulit untuk ditaklukkan. Namun sebuah penelitian terbaru dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania telah menemukan obat yang efektif.

Obat tersebut adalah Spironolactone. Saat ini, Spironolactone disetujui sebagai obat tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan masalah pada ginjal.

John S. Barbieri, penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa penelitian mereka telah menemukan jika spironolactone mungkin sama efektifnya dengan antibiotik untuk perawatan jerawat.

"Sudah jelas bahwa alternatif yang aman untuk antibiotik oral dapat memiliki manfaat besar, dan data kami menunjukkan spironolactone mungkin alternatif itu," kata Barbieri.

Namun, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs and Dermatology ini mengungkapkan bahwa Spironolactone hanya bisa mengatasi jerawat pada wanita. Mengapa demikian? itu karena obat ini bekerja dengan memblokir efek hormon laki-laki seperti androgen.

Obat Tekanan Darah ini Rupanya Ampuh Atasi JerawatDalam penelitian ini, sebanyak 6.684 wanita dan anak perempuan mengambil spironolactone dan 31.614 diresepkan perawatan antibiotik standar.

Dalam setahun, 14,4 persen pasien spironolactone dan 13,4 persen pasien antibiotik beralih ke perawatan yang berbeda - yang menurut peneliti menunjukkan mereka memiliki kemanjuran yang sama.

"Angka-angka ini menunjukkan dermatologists harus mempertimbangkan spironolactone terlebih dahulu daripada antibiotik untuk wanita yang berjerawat," kata Barbieri.