Selasa, 05 Juni 2018 17:24 WITA

Atasi Dehidrasi Saat Mudik Dengan Air Kelapa

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Atasi Dehidrasi Saat Mudik Dengan Air Kelapa

RAKYATKU.COM - Melakukan perjalanan mudik sembari menjalankan ibadah puasa, maka tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Ancaman dehidrasi ini bisa mengancam kesehatan Anda jika tidak berhati-hati saat mudik sambil berpuasa.

Menurut dr Theresia Rina Yunita yang dikutip dari Klik Dokter, dehidrasi umumnya dapat terjadi akibat kurangnya asupan cairan yang diperlukan tubuh. Dalam kondisi puasa, hal ini sangat biasa terjadi. Oleh karenanya, Anda harus memperhatikan benar asupan nutrisi saat buka puasa dan sahur.  

Kondisi dehidrasi yang berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan Anda karena bisa mengakibatkan badan lemas, syok, sakit kepala, bahkan bisa berujung pada kematian. 

Sementara itu, menurut dr Kartika Mayasari, salah satu yang dapat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi, yakni air kelapa. Karena memiliki kandungan elektrolit, seperti sodium, magnesium, potasium dan kalsium, yang lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. 

Kandungan potasium dalam air kelapa juga empat kali lebih tinggi daripada empat buah pisang, yang memang mengandung kadar potasium tinggi. 

Tingginya kandungan air dan nutrisi pada air kelapa muda, membuat minuman ini cocok sebagai pencegah dehidrasi. Namun yang perlu Anda pahami, air kelapa hanya bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan dan sedang. Sedangkan untuk dehidrasi berat, apalagi untuk dehidrasi yang diakibatkan oleh diare, Anda harus segera ditangani oleh dokter dan mendapatkan terapi cairan di rumah sakit.