Selasa, 05 Juni 2018 03:30 WITA

Ini Pengaruh Varises Testis pada Kesuburan Pria

Editor: Aswad Syam
Ini Pengaruh Varises Testis pada Kesuburan Pria
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Varises atau pembengkakan pembuluh darah tidak hanya terjadi pada kaki saja. Varises juga terjadi pada testis pria dan menyebabkan gangguan di sana. 

Kondisi yang disebut dengan varikokel ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk mereka yang masih muda dan produktif dalam hal seks.

Nah, karena varikokel terjadi pada testis yang notabene adalah organ yang bermanfaat untuk memproduksi sperma, adakah masalah kesehatan reproduksi yang akan dialami oleh pria?

Sekilas tentang varikokel

Varikokel adalah masalah yang cukup umum terjadi pada pria. Bahkan menurut penelitian ada sekitar 15 persen pria mengalami kondisi ini. Secara umum gejala dari varikokel bisa dirasakan dan dilihat dengan mudah. Kalau Anda menemukan beberapa gejala di bawah ini, bisa jadi ada pembesaran pembuluh darah pada testis.

Rasa sakit yang cukup besar dari testis saat disentuh. Seharusnya testis tidak sakit meski genggam sekali pun.
Ada sensasi berat dari testis meski awalnya tidak. Sensasi ini muncul karena ada pembesaran pembuluh darah yang tidak normal.

Sering sakit saat duduk atau berdiri. Selai itu saat olahraga area testis juga sering ngilu.
Sering tidak nyaman saat melakukan aktivitas khususnya ketika memakai celana agak ketat.

Efek varikokel pada kesuburan pria

Penurunan kesuburan pria memang cukup banyak mulai dari obesitas dan gangguan lain seperti penyakit menular seksual. Meski demikian varikokel memegang posisi paling atas sebagai salah satu penyebab ketidaksuburan pada pria. Setidaknya dari kasus kemandulan, varikokel menyumbang 37 persen.

Meski varikokel menyebabkan cukup banyak gangguan reproduksi, penyembuhan masih bisa dilakukan. Sekitar 80 persen pria dengan varikokel bisa sembuh dan kembali subur seperti sedia kala.

Nah, mulai saat ini coba lakukan pemeriksaan pada testis. Adakah perbedaan ukuran cukup besar antara kiri dan kanan. Selanjutnya adakah rasa sakit saat disentuh. Kalau tidak, berarti Anda aman dari varikokel.