Selasa, 05 Juni 2018 05:00 WITA

Ini Manfaat Walnut bagi Kesehatan Rambut

Editor: Aswad Syam
Ini Manfaat Walnut bagi Kesehatan Rambut
Walnut

RAKYATKU.COM – Siapa sangka, ternyata salah satu jenis kacang ini juga memiliki kandungan bahan aktif yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. 

Ialah kacang walnut yang digadang-gadang memberikan beragam manfaat baik untuk rambut dan kulit kepala Anda. Hal ini rupanya tidak begitu mengejutkan mengingat kacang walnut merupakan sumber dari fatty acid seperti omega-3. 

Kendati demikian, kacang walnut juga dilengkapi dengan kandungan bahan aktif lainnya yang menjadikan kulit kepala dan folikel rambut semakin terjaga kesehatannya. 

Nah, berikut sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan kacang walnut sebagaimana dilansir dari doktersehat.

1. Mengurangi Rambut Rontok

Masalah satu ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang kurang sehat atau pun batang rambut yang terlalu tipis. 

Tidak hanya itu saja, rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada kulit kepala dan batang rambut. Kendati demikian, Anda dapat mengatasinya menggunakan ekstrak kacang walnut. Dilansir dari laman Reward Me, walnut mengandung biotin atau vitamin B7 yang dapat mengatasi dan mencegah masalah rambut rontok.

2. Memperkuat Rambut

Paparan sinar matahari ternyata tidak hanya membuat rambut menjadi terbakar dan mengalami perubahan warna. 

Sinar UV juga merusak sel rambut sehingga rambut rentan mengalami sejumlah masalah. Mulai dari rambut kasar, rambut bercabang, rambut patah dan rambut rontok. 

Kendati demikian, salah satu solusinya adalah dengan mengoleskan masker rambut atau mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-6 dan omega-9. Kedua jenis fatty acid tersebut tidak hanya melembapkan dan melindungi rambut dari paparan sinar UV, tetapi juga memperbaiki jaringan sel rambut yang rusak.

3. Membersihkan Ketombe

Kandungan nutrisi yang sangat beragam pada walnut juga dapat mengatasi masalah ketombe. Apalagi ketombe kerap kali disebabkan oleh masalah kulit kepala yang kekurangan asupan nutrisi dan mengalami kekeringan. 
Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan minyak hasil ekstraksi kacang walnut. Tidak hanya mengembalikan kelembapan kulit kepala dan rambut. Minyak satu ini juga membersihkan ketombe hingga tuntas.

Wah, siapa yang menyangka jika kacang yang biasa dikonsumsi sebagai camilan sehat ini juga memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. 

Anda pun dapat menggunakan walnut yang masih segar atau mengaplikasikan minyak hasil ekstraksi walnut yang mengandung moisturizer tinggi.