Senin, 04 Juni 2018 16:36 WITA

Pentingnya Vitamin C Jaga Tubuh Selama Ramadan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pentingnya Vitamin C Jaga Tubuh Selama Ramadan
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan Ramadan merupakan salah satu kewajiban, agar Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.

Untuk itu, Anda harus memastikan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan. Salah satu nutrisi yang baik bagi Anda selama berpuasa adalah vitamin C. 

Dikutip dari Hello Sehat, Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh karena fungsi utamanya, yaitu memperbaiki dan memicu pertumbuhan beragam sel dan jaringan dalam tubuh. 

Adapun pentingnya vitamin C, untuk menunjang ketahanan tubuh selama menjalani puasa, diantaranya:

1. Menjaga daya tahan tubuh
Supaya Anda tetap sehat, sel-sel imun Anda bertanggung jawab untuk melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Akan tetapi, ketika Anda puasa sel-sel imun mungkin sedang berusaha mengikuti perubahan jam biologis tubuh.

Vitamin C diperlukan untuk memperkuat sel-sel imun dan menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda mampu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit.

2. Mencegah lemas saat puasa
Dengan mengonsumsi vitamin C, sistem metabolisme akan lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan pola makan selama puasa. Anda pun akan merasa lebih segar dan bertenaga saat menjalani ibadah puasa.

3. Membuat tidur lebih nyenyak
Berdasarkan hasil penelitian, vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini tentunya sangat baik buat Anda yang berpuasa dan harus bangun lebih cepat dari biasanya untuk menyantap sahur. Bila Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas, Anda pun bisa menyiasati berkurangnya jam tidur di bulan puasa.

4. Pikiran segar sepanjang hari
Salah satu manfaat vitamin C saat puasa yang tak boleh dilewatkan yaitu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Pasalnya, vitamin C mampu menjaga fungsi beragam sel dan jaringan dalam otak. Sedangkan saat puasa fungsi kognitif otak seperti berkonsentrasi, mengingat, dan mengambil keputusan mungkin saja menurun karena otak kekurangan asupan oksigen dan Anda kurang tidur.