Sabtu, 02 Juni 2018 15:56 WITA

Jangan Konsumsi Teh Saat Sahur, Ini Alasannya 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Jangan Konsumsi Teh Saat Sahur, Ini Alasannya 

RAKYATKU.COM - Sebagian orang memilih teh untuk mendampingi santap sahur mereka. Karena dapat menambah tenaga dalam waktu cepat, sehingga makan sahur tak terhalang rasa kantuk. 

Namun di balik itu, ternyata minum teh saat sahur sangat tidak dianjurkan. Dikutip dari Klik Dokter, teh diketahui merupakan jenis minuman yang mengandung kafein. Selain dapat mencegah rasa kantuk, ternyata senyawa tersebut juga memiliki sifat diuretik alias menarik cairan (air dan garam) dari dalam tubuh untuk dikeluarkan bersama urine. 

Oleh karena itu, kebiasaan minum teh saat sahur bisa meningkatkan intensitas buang air kecil di siang hari.

Nah, jika Anda sering buang air kecil saat puasa sementara asupan cairan sangat terbatas, risiko terjadinya dehidrasi menjadi semakin tinggi. Selanjutnya, jika terjadi dehidrasi, sel-sel di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Hal itu akan menimbulkan berbagai keluhan, seperti rasa haus berlebih, kulit dan mata kering, bibir dan mulut kering, rasa lelah dan kepala terasa pusing, buang air kecil berwarna kuning pekat, mata cekung. tekanan darah menurun dan denyut nadi meningkat.

Daripada minum teh, lebih baik Anda mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa. Minuman yang seperti ini dapat membantu menghilangkan dahaga, serta membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.