Jumat, 01 Juni 2018 12:27 WITA

Tips Atasi Perut Buncit

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Atasi Perut Buncit

RAKYATKU.COM - Selain mengganggu penampilan, memiliki perut buncit juga rentan terhadap gangguan kesehatan. Beberapa ancaman tersebut antara lain diabetes, hipertensi, penyakit jantung, pembuluh darah serta kanker.

Menurut dr Fiona Amelia dari KlikDokter, kriteria perut buncit dapat diketahui dengan mengukur lingkar pinggang. Ukuran normal pada perempuan adalah di bawah 80 cm, sementara pria di bawah 90 cm.

“Lingkar pinggang di atas batasan ini dianggap berisiko mengalami gangguan-gangguan kesehatan yang telah disebutkan,” ujar dr Fiona.

Ia memaparkan, ada beberapa cara untuk mengatasi perut buncit, berikut tips nya:

1. Kurangi makanan yang mengandung gula-gula sederhana/gula tambahan.
Makanan dalam golongan ini menstimulasi pengeluaran hormon insulin yang berperan dalam penyimpanan lemak. Jika kadar insulin rendah, lemak-lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dikeluarkan untuk dibakar. Mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat akan menurunkan kadar insulin, menekan nafsu makan, dan menurunkan berat badan tanpa Anda merasa lapar. Contoh karbohidrat yang sehat adalah oatmeal, nasi merah, serta roti gandum.

2. Makanlah protein, lemak sehat, dan sayur.
Contoh sumber protein yang baik adalah daging (sapi, ayam, kambing), ikan dan seafood (salmon, udang, tuna, dst), serta telur. Sayuran dapat dimakan sebanyak-banyaknya, seperti brokoli, kembang kol, bayam, kol, selada, dan timun. Sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, mentega. Jangan takut untuk memakan lemak. Jika kadar lemak dalam makanan Anda terlalu rendah, Anda akan merasa lapar dan cenderung makan berlebihan.

3. Olahraga untuk membentuk otot
Selain mengatur pola makan, juga perlu dibarengi dengan olahraga agar terbentuk otot. Semakin tinggi massa otot, pembakaran kalori semakin besar sehingga tidak banyak yang ditumpuk sebagai lemak.