Jumat, 01 Juni 2018 07:30 WITA

Kurangi Merokok dengan Makanan? Bisa Dong

Editor: Nur Hidayat Said
Kurangi Merokok dengan Makanan? Bisa Dong
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - 31 Mei 2018 diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD). Kampanye ini awalnya diserukan pada 1987. 

Pada 2018 ini, WNTD fokus pada dampak tembakau pada kesehatan jantung penduduk dunia. Itu karena tembakau adalah faktor risiko penting bagi pengembangan penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit vaskular perifer.

Bagi yang sedang berjuang mengurangi keinginan merokok, ada cara sederhana untuk mengalihkan hasrat ingin merokok ini dengan makanan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantumu jadi tak ingin merokok. Seperti dilansir laman Vemale, berikut daftarnya:

Susu
Minuman yang satu ini bisa membuat rokok jadi tak enak. Menurut studi yang dilakukan periset dari Duke University, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok merasa rokok yang mereka isap tak lagi nikmat. 

Licorice
Licorice merupakan herba yang mengandung antiradang sehingga bisa membantumu berhenti merokok secara alami. 

Licorice memiliki rasa manis yang samar dan membantumu untuk menghentikan keinginan merokok. Mengunyah sedikit akar licorice bisa memuaskan keinginanmu untuk mengonsumsi nikotin.

Teh
Satu studi mengungkapkan bahwa perokok yang rutin mengonsumsi teh hijau atau teh hitam lebih kecil kemungkinan mengembangkan kanker paru dibandingkan perokok yang tak mengonsumsi teh. 

Kandungan teh yang bernama katekin dengan konsenstrasi tinggi, senyawa fitokimia yang dikenal dengan flavanoid bisa membantumu untuk tak nafsu merokok.

Sayuran
Sayuran cruciferous seperti kembang kol, kol, kale, brokoli, bok choy, bisa membuat seseorang jadi minim risiko terkena kanker paru. Sayuran ini adalah sumber alami isothiocyanat, senyawa yang mencegah perkembangan sel kanker.