Kamis, 31 Mei 2018 09:00 WITA

Tak Sekadar Puasa, Berat Anda Bisa Turun 10 Kg bila Lakukan Ini

Editor: Abu Asyraf
Tak Sekadar Puasa, Berat Anda Bisa Turun 10 Kg bila Lakukan Ini
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Banyak orang memanfaatkan Ramadan untuk menurunkan berat badan. Ironinya, banyak orang yang berat badannya justru bertambah selama bulan puasa. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan?

Praktisi gaya hidup sehat, Nita Junita berbagi cerita bagaimana dirinya bisa menurunkan berat badan di bulan puasa hingga 10 kilogram. Luar biasa. 

"Jadi kalau bangun tidur tuh langsung minum air jeruk nipis atau air lemon hangat. Dan buat temen-temen yang punya mag atau ada riwayat penyakit atau takut kenapa-kenapa mungkin bangun tidur tuh minum air putih hangat sudah cukup," papar Nita Junita, yang memiliki followers lebih dari 58 ribu di akun Instagram-nya.

Untuk sahur ibu dua anak ini mengatakan, supaya bertenaga saat menjalankan aktivitas sehari-hari, ia tetap mengonsumsi nasi lengkap dengan sayurannya. Demikian juga untuk kebutuhan cairan, tiga gelas dinilai cukup oleh Nita untuk memulai puasa.

"Jadi kan kita minum air lemon segelas, menjelang imsak tuh masih minum satu gelas. Total ya kurang lebih tiga gelas," tutur Nita seperti dikutip dari Detikcom.

Diakui istri dari Pujiono ini, tantangan terberat di bulan puasa adalah saat berbuka puasa. Menurutnya, segala macam pilihan kudapan dijajakan di mana-mana, mulai dari kolak hingga gorengan. Karena itu, bagi mereka yang tidak ingin dietnya gagal dan berhasil turunkan bobot tubuh sebaiknya hindari makan gorengan.

"Poin pentingnya sih, kita harus sadar, kalau makanan (gorengan) itu tuh kurang bagus buat kita yang lagi pada diet. Biar dietnya berhasil sih, bagusnya untuk makanan yang kayak gitu jarang banget, boleh sih sesekali, cuma jangan terlalu sering," saran Nita.

Lebih lanjut Nita katakan, saat berbuka puasa ia jarang mengonsumsi nasi, sebab waktu antara berbuka dengan salat tarawih dan waktu tidur sangatlah singkat.

"Jadi saya kalau buat buka puasa tuh jarang banget makan nasi. Cukup air putih terus dilanjut sama jus kurma atau jus buah. Nanti pulang dari salat tarawih, ngemilnya buah aja cukup," ucapnya.

Berita Terkait