Selasa, 29 Mei 2018 02:00 WITA

Ini Pentingnya Menulis Tangan bagi Anak

Editor: Aswad Syam
Ini Pentingnya Menulis Tangan bagi Anak
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Perkembangan teknologi digital saat ini sudah semakin pesat. Anak-anak pun sudah semakin mudah memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dampaknya, anak mungkin saja akan mengalami kesulitan saat belajar menulis dengan tangan. Padahal menulis tangan memiliki banyak manfaat bagi anak lho!.

Manfaat menulis tangan bagi anak-anak

Menurut sebuah penelitian, anak-anak masa kini lebih cepat menguasai cara mengetik daripada menulis. Banyak juga orang tua yang merasa kemampuan menulis tidak penting bagi masa depan anak sehingga ketika anak mengalami kesulitan menulis, hal ini tidak menjadi masalah bagi mereka. Namun sebenarnya menulis memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak, di antarannya:

1. Menulis tangan adalah latihan menyampaikan pesan

Menurut para pakar, menulis tangan bukanlah soal apakah tulisan tangan anak bagus atau tidak. Melainkan apakah pesan yang ditulis bisa tersampaikan atau dimengerti orang lain. Tentunya jika tulisan tangan baik, pesan tersebut akan lebih mudah terbaca bagi orang lain.

2. Melatih konsentrasi

Menulis dapat membantu anak untuk fokus pada pelajaran dan melatih konsentrasi anak. Dengan menulis apa yang diperintahkan guru, berarti anak memiliki konsentrasi kemampuan berpikir yang baik. Hal ini dapat membantu anak meningkatkan nilai akademis anak di sekolah.

3. Melatih kemampuan membaca

Semakin sering anak menulis, anak akan semakin akrab dengan huruf dan membuatnya lebih lancar membaca. Jika anak memiliki kemampuan membaca yang baik, maka ia akan memiliki ketertarikan pada buku dan sumber ilmu yang lain.

4. Membuat anak lebih kreatif

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ada hubungan menarik antara menulis dan kreativitas anak. Saat menulis, gerakan dan koordinasi tangan dapat merangsang otak untuk menemukan ide baru. Hal ini kemudian dipercaya bahwa menulis dapat memicu anak untuk menjadi lebih kreatif.

5. Melatih kesabaran dan ketekunan

Kesabaran dan ketekunan merupakan dua karakter yang perlu dimiliki oleh anak. Menulis dapat membantu anak untuk lebih sabar, tekun dan teliti yang bermanfaat bagi perkembangan anak di masa depan.