Selasa, 29 Mei 2018 03:30 WITA

Bau Nafas Seperti Ini? Waspada Penyakit Berbahaya

Editor: Aswad Syam
Bau Nafas Seperti Ini? Waspada Penyakit Berbahaya
Ilustrasi bau mulut

RAKYATKU.COM – Mereka dengan masalah bau mulut biasanya akan mengalami penurunan rasa percaya diri dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran untuk membuat orang lain tidak nyaman saat sedang
berbincang-bincang. Yang menjadi masalah adalah, menurut pakar kesehatan, kondisi bau mulut ini ternyata tidak hanya bisa mengganggu orang lain, namun juga mampu menandakan masalah kesehatan yang lebih serius.

Dilansir dari doktersehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ciri-ciri dari mengalami masalah bau mulut adalah air liur yang lebih kental, mulut yang terasa kering atau sensasi tidak nyaman yang muncul saat berbicara. Penyebab dari masalah bau mulut ini bermacam-macam, dari yang disebabkan oleh faktor patologis, mulut kering, hingga terjadinya pembusukan pada akar gigi, masalah karies gigi, atau kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Kebanyakan orang hanya perlu menyikat gigi secara teratur atau rutin berkumur-kumur dengan mouthwash. Hanya saja, jika penyebabnya adalah pembusukan pada akar gigi atau masalah gigi berlubang, pakar kesehatan menyarankan penderita masalah bau mulut untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter gigi.

Tak hanya disebabkan oleh masalah gigi dan mulut, bau mulut ternyata juga bisa menandakan gangguan pada organ-organ tubuh yang lebih serius. Sebagai contoh, jika bau mulut mirip seperti apel masam, maka dikhawatirkan hal ini adalah tanda dari masalah pada fungsi ginjal.

Sementara itu, bau mulut yang mirip seperti bau keju biasanya menandakan adanya gangguan maag pada lambung. Selain itu, bau mulut yang mirip dengan darah busuk bisa jadi adalah tanda dari penyakit tuberculosis.

Melihat adanya fakta ini, jangan sepelekan masalah bau mulut dan segera periksakan ke dokter jika aromanya mencurigakan.