Jumat, 25 Mei 2018 12:39 WITA

Manfaat Meditasi Bagi Anak dan Remaja

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Manfaat Meditasi Bagi Anak dan Remaja

RAKYATKU.COM - Diketahui bersama bahwa Anak dan remaja masih berada dalam tahap perkembangan. Namun, tumbuh kembang mereka bisa saja terhambat akibat peningkatan stres sebagai imbas dari gaya hidup. Salah satunya penggunaan teknologi seperti media sosial.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yakni dengan melakukan meditasi. Aktivitas yang satu ini memang menyehatkan, dan cocok untuk dilakukan segala usia dari anak, remaja, hingga orang tua. 

Menurut dr Nadia Octavia dari KlikDokter, ada banyak sekali manfaat meditasi. Khusus pada remaja dan anak, mereka bisa mendapatkan emosi yang lebih stabil.

“Dengan meditasi, Anda akan memiliki perspektif baru dalam melihat situasi, merasa lebih waspada, dapat menangkal energi negatif, lebih sabar dan tenang. Bahkan, meditasi yang dilakukan secara rutin dan teratur juga disebut mampu meningkatkan imajinasi dan kreativitas,” ujarnya.

Selain itu, menurut beberapa penelitian, meditasi dinyatakan sebagai kegiatan yang sangat efektif untuk memperbaiki gejala gangguan cemas dan depresi. Pada akhirnya, ia mampu meningkatkan kesehatan mental itu sendiri.

Sementara itu, Riset yang dilakukan oleh University of Wisconsin di Amerika Serikat menyebutkan bahwa responden yang melakukan meditasi selama delapan minggu secara rutin, terbukti mengalami penurunan tingkat stres.

“Selain penurunan stres, mereka cenderung lebih optimis dalam menjalani hidup. Hal ini pada akhirnya membuat mereka terhindar dari beragam penyakit berbahaya yang dicetuskan oleh stres,” kata dr Nadia.

Menariknya, meditasi tak perlu dilakukan sambil duduk. Anda juga dapat melakukannya sambil duduk, makan, bahkan menggosok gigi. Karena inti dari meditasi adalah napas dan kesadaran.