Jumat, 25 Mei 2018 06:30 WITA

5 Pilihan Olahraga saat Berpuasa, Dijamin Tak Bikin Haus

Editor: Nur Hidayat Said
5 Pilihan Olahraga saat Berpuasa, Dijamin Tak Bikin Haus
Yoga bisa jadi salah satu olahraga pilihan saat berpuasa.

RAKYATKU.COM - Jangan jadikan puasa sebagai alasan bermalas-malasan berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang tak akan menyebabkan haus dan lelah. 

Itu asalkan olahraga tepat intensitas dan waktunya. Olahraga apa saja sih yang sekiranya pas banget dilakukan saat berpuasa? Dilansir laman Vemale.com, berikut pilihannya: 

Bersepeda
Bersepeda termasuk salah satu olahraga dengan intensitas yang ringan. Bersepeda santai dapat membantu membakar kalori serta meningkatkan stamina. Bisa membakar sekitar 300 kalori dengan bersepeda santai selama sejam.

Lari
Berlari paling tidak 30 menit untuk menjaga tubuh tetap bugar. Hindari lari dengan intensitas tinggi agar terhindar dari dehidrasi. Bisa membakar sekitar 210 kalori dengan berlari selama 30 menit.

Yoga
Olahraga yang satu ini sekaligus bisa melatih pernapasan, menguatkan otot, dan meningkatkan konsentrasi. Dalam satu jam yoga bisa membakar sekitar 250 kalori.

Pilates
Mirip dengan yoga, olahraga yang satu ini juga akan memperbaiki fleksibilitas. Olahraga ini juga bukan jenis latihan berintensitas tinggi sehingga tak bikin mudah lelah dan haus. Bisa membakar 200 kalori saat berpilates selama satu jam.

Sit up, plank, dan push up
Meski sederhana, latihan ini sangat efektif untuk membangkitkan stamina. Lakukan selama 30 menit saja, dan jangan lupa pemanasan terlebih dahulu. 

Agar tak mengalami dehidrasi, disarankan melakukan olahraga ini 30 sampai 45 menit menjelang waktu berbuka. Setelah berolahraga, bisa langsung berbuka dengan minuman atau makanan manis untuk menggantikan cairan yang hilang. 

Jika tubuh terlalu lemas, bisa berolahraga setelah berbuka puasa.