Rabu, 23 Mei 2018 19:58 WITA

Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Asam Urat

RAKYATKU.COM - Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. 

Seseorang dengan kadar asam urat tinggi dan terus meningkat bisa memunculkan gejala penyakit arthritis gout. Gejala khas dari serangan arthritis gout adalah serangan akut yang biasanya bersifat monoartikular (menyerang satu sendi saja) dengan gejala pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan.

Penyakit asam urat ini tidak bisa disepelekan, bahkan dapat mengganggu puasa Ramadan, jika sampai kambuh. Untuk itu, agar puasa tetap lancar Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama, dilansir dari Kesehatan Muslim, hal terpenting bagi penderita asam urat yang ingin berpuasa adalah harus cukup cairan. Yaitu mengonsumsi sekitar 1,5 sampai 2 liter air dengan rincian, 2 gelas saat buka puasa, 3-4 gelas setelah sholat tarawih hingga sebelum tidur, 1 gelas saat bangun tidur sebelum sahur, dan 1-2 gelas saat sahur. 

Kedua, ketika sahur dan berbuka hendaknya menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan (hati, ginjal, jantung, paru), udang, remis, kerang, sardin, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan kaleng.