Selasa, 22 Mei 2018 05:30 WITA

Mengenaskan, Begini Kondisi Jet Li di Usia Tua

Editor: Aswad Syam
Mengenaskan, Begini Kondisi Jet Li di Usia Tua
Jet Lee

RAKYATKU.COM – Siapa yang tak kenal dengan Jet Li? Aktor laga yang membintangi banyak film aksi dari Negeri Tirai Bambu ini kini terlihat sangat tua di usia yang baru 55 tahun. Hal ini disebabkan oleh penyakit hipertiroidisme dan gangguan tulang belakang yang sedang dideritanya.

Dilansir dari South China Morning Post dam dikutip doktersehat, belakangan ini banyak fans dari sang aktor yang mendoakan kesembuhannya setelah foto terbaru Jet Li saat mengunjungi sebuah kuil di Tibet viral di Internet. Li terlihat sangat tua dan sakit-sakitan setelah didiagnosis terkena hipertiroidisme lima tahun lalu. Bahkan, ada penggemar yang menyebut Li kini harus dibantu untuk berjalan kaki.

Li memang sudah pernah mengadakan konferensi pers demi mengungkap alasan dirinya yang semakin jarang aktif di dunia hiburan, yakni karena penyakit yang dideritanya. Meski sudah berusaha untuk minum obat dan menjalani berbagai terapi, masalah kesehatan ini tak kunjung bisa disembuhkan.

Hipertiroidisme memang bisa mengubah sistem metabolisme tubuh dan denyut jantung. Biasanya, penyakit ini bisa diatasi dengan obat-obatan tertentu. Hanya saja, kondisi penyakit yang diderita Li sepertinya memang sudah sangat parah. Karena kondisi inilah Li memilih untuk tak lagi beraksi di dunia film atau melakukan berbagai aktivitas yang dianggap bisa memicu stres bagi kondisi fisiknya.

Li yang merupakan penganut ajaran Buddha taat mengaku kerap melakukan meditasi dan membaca kitab suci, demi membantunya tetap dalam kondisi bugar. Khususnya sejak tahun 2013 lalu, saat dokter berkata bahwa ia bisa saja harus memakai kursi roda di akhir hayat jika terus memaksakan diri berakting di film laga.

Gangguan pada kaki dan tulang belakang juga membuat Li tidak mampu berdiri dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan oleh keterlibatannya dalam melakukan adegan-adegan berbahaya di berbagai film laga yang dibintanginya dulu. Sebagai informasi, Li pertama kali mengalami cedera parah saat usianya baru 18 tahun, tepatnya pada lututnya. Tulang punggungnya juga mengalami cedera parah saat usianya baru 23 tahun.

Semoga saja Jet Li bisa mendapatkan kesembuhan dan menikmati hari tuanya dengan nyaman.