Selasa, 22 Mei 2018 00:30 WITA

Salah Menu Sahur, Bisa Bikin Kamu Ngantuk Seharian

Editor: Aswad Syam
Salah Menu Sahur, Bisa Bikin Kamu Ngantuk Seharian
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Makan sahur disunahkan, agar kita kuat menjalani aktivitas seharian saat berpuasa. 

Nah, sengaja melewatkan sahur sejatinya kurang baik, namun salah pilih menu saat santap sahur juga bisa mengakibatkan rasa kantuk seharian penuh.

Dilansir dari vemale.com, saat sahur, sebaiknya menjauhkan diri dari makanan tinggi gula, gorengan, dan kafein berlebihan. Terlalu banyak makan makanan maupun minuman tinggi gula saat sahur, dan berbuka hanya membuat tubuh lemas. 
Rasa kantuk lebih mudah menyerang. Menyantap makanan dan minuman manis saat sahur menyebabkan kadar gula dalam darah turun dengan cepat. Ini juga membuat lapar muncul lebih cepat. 

Agar Anda tak mengantuk seharian, sangat disarankan untuk beralih ke kurma dan buah-buahan seperti apel, pir, dan jenis yang lain asal rendah gula. Jangan lupa menambahkan menu dengan lemak baik saat sahur maupun berbuka. Tambahkan pula sumber protein seperti ayam, ikan, udang, daging sapi.

Kurangi minum minuman berkafein dan perbanyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu dan bisa menjalani aktivitas bebas kantuk.