Jumat, 18 Mei 2018 12:40 WITA

Waspada Timbunan Kalori di Balik Nikmatnya Es Kepal Milo

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Waspada Timbunan Kalori di Balik Nikmatnya Es Kepal Milo
Int.

RAKYATKU.COM - Kuliner Es Kepal Milo saat menjadi minuman kekinian yang banyak digemari. Minuman yang sering dijadikan camilan ini terbuat dari es serut yang disiram susu Milo kental di atasnya. Kemudian ditambahkan bubuk Milo, biskuit, dan tambahan kacang serta topping lainnya.

Namun tahukah Anda jika dibalik kenikmatannya, Es Kepal Milo memiliki kalori sangat tinggi dalam seporsinya. Dikutip dari Klik Dokter, es dengan kental dengan cita rasa coklat ini ternyata memiliki kalori sekira 500–1.000 kalori, tergantung porsi yang disajikan.

Dengan kira-kira perhitungan:
-100 gram susu Milo kental mengandung 350–500 kalori
-18 gram susu Milo bubuk mengandung 110 kalori
-1 buah biskuit Oreo mengandung 30–50 kalori
-Kacang tanah sekitar 10–20 kalori

Melihat besarnya jumlah kalori dalam Es Kepal Milo tentu membuat minuman ini perlu diwaspadai. Sebab, kebutuhan kalori manusia pada umumnya adalah 2000 kalori. Tentu saja angka ini bergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari.

Mengonsumsi satu porsi Es Kepal Milo sudah memenuhi 25–50 persen kebutuhan kalori harian Anda, tanpa serat. Coba bandingkan dengan kalori dalam seporsi Nasi Padang di mana terdapat sekitar 600–700 kalori.

Saat makan nasi Padang, Anda bisa kenyang tanpa tambahan makanan lain lagi. Berbeda dengan Es Kepal Milo yang biasanya hanya dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup saja, sehingga kalori Anda masih membutuhkan asupan makanan lainnya.

Perlu diketahui, meskipun kalori dibutuhkan agar organ tubuh dapat melakukan semua fungsinya dengan benar. Tapi jika kalori yang dikonsumsi terlalu banyak, maka jumlah yang berlebih tersebut akan tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Disamping itu, beberapa dampak gangguan kesehatan juga akan mengintai Anda jika hal ini terjadi. Diantaranya obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan osteoartritis.

Menikmati sensasi makanan atau minuman kekinian yang sedang tren, seperti Es Kepal Milo, memang tidak salah. Tapi jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan tubuh. Batasi konsumsinya agar Anda tak perlu berurusan dengan masalah kesehatan.