Kamis, 17 Mei 2018 08:30 WITA

Tak Hanya Menghilangkan Haus, Minum Air Hangat saat Sahur Punya Manfaat Istimewa

Editor: Abu Asyraf
Tak Hanya Menghilangkan Haus, Minum Air Hangat saat Sahur Punya Manfaat Istimewa
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Saat berpuasa di bulan Ramadan tentunya tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal itu bisa membuat kita lemas, mudah capek, dan haus. Tidak perlu khawatir, ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kondisi itu.

Anda yang berpuasa disarankan untuk banyak minum air putih. Minimal 8 gelas. Meminumnya pun jangan dilakukan secara bersamaan ya Teens. Lebih baik kalian meminumnya dengan pola dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari dan dua gelas saat sahur.

Namun, jangan salah. Biasanya saat waktu buka puasa tiba, kita langsung menyambar minuman dingin yang manis. Apalagi kalau puasa seharian di tengah cuaca yang panas. Rasanya sudah tak sabar untuk segera menikmati minuman dingin. Saat sahur pun begitu, kadang kita memilih minuman dingin agar bisa membuat tubuh terasa segar.

Sebenarnya tidak masalah. Namun, selama puasa, minum air putih hangat saat sahur dan atau berbuka itu bisa memberi lebih banyak manfaat positif. Tak hanya bisa mencegah kita kehausan, beberapa manfaat lainnya juga cukup mengesankan, antara lain seperti berikut ini:

1. Memperlancar Proses Detoksifikasi

Puasa sendiri bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau diimbangi dengan mengatur pola makan yang baik, maka manfaatnya bisa lebih istimewa. Seperti minum air hangat saat berbuka atau sahur. 

Minum air hangat bisa membantu untuk menyingkirkan akumulasi racun dalam tubuh. Saat sahur, kita bisa minum segelas air hangat. Bisa juga ditambahkan dengan madu atau air perasan lemon.

2. Melancarkan Pencernaan

Perubahan pola makan kadang bisa mempengaruhi sistem pencernaan selama puasa. Tapi tenang saja. Minum air hangat bisa membantu melancarkan pencernaan. Minum segelas air hangat saat sahur atau berbuka bisa mengaktifkan sistem pencernaan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. 

Selain itu, minum air hangat juga bisa merangsang aliran darah ke usus, yang kemudian membantu dalam gerakan usus dan melancarkan proses buang air besar.

3. Menyembuhkan Radang pada Kulit

Punya masalah radang atau jerawat di kulit selama bulan puasa? Coba atasi dengan minum air putih hangat secukupnya saat sahur dan berbuka. Dilansir dari stylecraze.com, air hangat bisa membantu menyembuhkan radang pada kulit termasuk jerawat dan juga ruam. Air hangat yang kita minum bisa meningkatkan aliran darah ke jaringan dan bisa mengurangi rasa sakit.

4. Membantu Menstabilkan Berat Badan

Pernah punya masalah berat badan malah naik selama bulan Ramadan? Mungkin penyebabnya adalah pola makan yang salah dan kebanyakan makan yang manis-manis. Coba ganti es sirup dan kolak manis dengan air putih hangat saat berbuka puasa. Dengan begitu, berat badan bisa tetap stabil. Kamu bisa konsumsi buah segar untuk mendapat asupan gula yang lebih sehat dana alami.