Selasa, 15 Mei 2018 12:19 WITA

Virus Babi Ini Bisa Jangkiti Manusia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Virus Babi Ini Bisa Jangkiti Manusia

RAKYATKU.COM - Virus babi mematikan yang menunjukkan kesamaan dengan Sars bisa menjangkiti manusia. Porcine deltacoronavirus menyebabkan diare akut dan muntah pada babi yang terinfeksi dan bisa berakibat fatal.

Dikutip dari Sky News, Selasa (15/5/2018), penelitian baru menunjukkan patogen siap melompat di antara sel-sel spesies yang berbeda, termasuk manusia.

Pertama kali terdeteksi di China pada tahun 2012, ia berbagi karakteristik dengan Sars (sindrom pernapasan akut berat) dan Mers (sindrom pernapasan Timur Tengah).

Sars bertanggung jawab atas 774 kematian di 37 negara pada 2002 dan 2003, sementara wabah Mers yang sedang berlangsung di Arab Saudi sejauh ini menyebabkan lebih dari 1.800 kasus infeksi dan 708 kematian terkait.

Kekhawatiran pertama kali muncul tentang porcine deltacoronavirus setelah wabah di AS pada tahun 2014.

Studi terbaru, yang dilaporkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences, menunjukkan bagaimana virus menargetkan molekul reseptor spesifik pada permukaan sel yang melapisi saluran udara dan saluran pencernaan.

Di laboratorium menguji virus yang terikat pada reseptor tidak hanya pada babi, seperti yang diharapkan, tetapi juga ayam, kucing dan manusia.

Peneliti utama Dr Scott Kenney, dari Program Penelitian Kesehatan Hewan Makanan Universitas Ohio, mengatakan: "Sebuah reseptor adalah seperti kunci di pintu.

"Jika virus dapat memilih kunci, itu bisa masuk ke dalam sel dan berpotensi menginfeksi tuan rumah."

Berita Terkait