Selasa, 15 Mei 2018 03:00 WITA

Begini Penelitian tentang Puasa Saat Hamil

Editor: Aswad Syam
Begini Penelitian tentang Puasa Saat Hamil
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Beberapa penelitian, seperti dilansir doktersehat, menunjukkan bahwa sedikit atau bahkan tidak ada efek pada bayi yang baru lahir ketika ibunya berpuasa. Sementara itu, penelitian lain memparkan masalah kesehatan di kemudian hari. Dijelaskan juga bahwa berpuasa saat hamil mungkin memiliki beberapa efek pada kecerdasan atau kemampuan akademis seorang anak.

Berikut hasil penelitian terhadap ibu hamil berpuasa:

Skor Apgar bayi (metode menilai kondisi bayi baru lahir) dari ibu yang berpuasa dalam kehamilan tidak berbeda dari bayi dari ibu yang tidak berpuasa.
Puasa saat hamil, dapat menyebabkan bayi memiliki berat lahir rendah, terutama jika puasa terjadi pada trimester pertama. Namun, penelitian lain menemukan perbedaan berat lahir menjadi sangat kecil.

Bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa baik dalam kehamilan atau pada saat pembuahan, mungkin tumbuh menjadi sedikit lebih pendek dan lebih kurus. Sekali lagi, perbedaan ini sangat kecil.

Keseimbangan kimiawi dari darah berubah ketika Anda berpuasa. Tetapi perubahan itu tidak berbahaya bagi Anda atau bayi.

Ada beberapa kekhawatiran yang mempengaruhi seberapa baik bayi tumbuh di rahim saat berpuasa, yang mungkin terkait dengan persalinan prematur. Beberapa penelitian menunjukkan, lebih banyak bayi dilahirkan di awal masa ibu mereka selama Ramadan, meskipun di mana Anda tinggal juga berperan.