Selasa, 15 Mei 2018 03:30 WITA

Apakah Puasa Aman untuk Bayi Dalam Kandungan?

Editor: Aswad Syam
Apakah Puasa Aman untuk Bayi Dalam Kandungan?
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Puasa di bulan Ramadan menjadi kewajiban umat Muslim, tak terkecuali ibu hamil. Meski ada beberapa hal yang harus diwaspadai dan diperhatikan, ibu hamil diperbolehkan berpuasa di bulan Ramadan, namun tergantung pada kondisi kesehatan ibu, usia kehamilan, hingga kondisi kehamilan.

Apakah puasa aman untuk bayi dalam kandungan? Tidak ada jawaban yang jelas. Dilansir dari doktersehat, penelitian tidak dapat memastikan bahwa bayi aman untuk ibu dan bayi Anda.

Jika Anda hamil, hukum Islam tidak mengharuskan ibu hamil untuk berpuasa. Anda dapat mempertanggungjawabkan dengan melakukan fidyah, cara untuk mengganti puasa. Misalnya, Anda dapat memberikan donasi atau bersedakah pada fakir miskin.

Jika ibu hamil ingin berpuasa, tampaknya lebih aman bagi ibu dan bayi jika Anda merasa kuat dan kehamilan Anda berjalan dengan baik.

Sementara itu, jika Anda tidak merasa cukup sehat untuk berpuasa dan khawatir tentang kesehatan Anda atau kesehatan bayi Anda, konsultasikan dengan dokter umum atau bidan Anda, dan dapatkan pemeriksaan kesehatan umum sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Salah satu faktornya adalah ketika puasa berlangsung. Jika Ramadan bertepatan dengan musim kemarau, maka akan berisiko mengalami dehidrasi.