Selasa, 15 Mei 2018 05:00 WITA

Kebiasaan Pagi Hari yang Dapat Membuat Berat Badan Naik Lagi

Editor: Aswad Syam
Kebiasaan Pagi Hari yang Dapat Membuat Berat Badan Naik Lagi
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan menurunkan berat badannya, meskipun sudah menjalani diet. Terkadang, berat badan seperti begitu cepat naik kembali. Siapa sangka bahwa ternyata beberapa kebiasaan di pagi hari, juga dapat mempengaruhi berat badan Anda tanpa disadari. Seperti dilansir doktersehat.

1. Terlalu Banyak Tidur
Anda tidur di waktu awal dan sulit bangun di pagi hari? Ternyata kebiasaan tersebut dapat memengaruhi kenaikan berat badan Anda. Dari Top 10 Home Remedies, disebutkan bahwa menurut peneliti, seseorang yang tidur lebih dari 10 jam dalam satu malam, meningkatkan risiko BMI yang lebih tinggi dibanding seseorang yang tidur 7 hingga 8 jam.

Tidak yang terlalu banyak, dapat meningkatkan hormone kortisol yang dapat merangsang nafsu makan, hingga membuat Anda makan berlebih. Karena itu, cukupkanlah waktu tidur Anda, tidak terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit.

2. Melewatkan Sarapan
Anda yang khawatir jika berat badan naik lagi, lalu memutuskan untuk tidak sarapan dengan alasan memangkas kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Padahal, melewatkan sarapan, dapat mengacaukan system metabolism tubuh, kebiasaan tersebut dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk membakar lemak secara alami.

Sebuah studi tahun 2014 dalam Journal of Rural Medicine, dari Top 10 Home Remedies, menyebutkan bahwa melewatkan sarapan dapat berpengaruh pada naiknya lingkar pinggang dan BMI daripada makan malam tiga jam sebelum tidur. Bisa dibayangkan? Jadi, daripada melewatkan sarapan, lebih baik ganti sarapan Anda dengan makanan yang lebih sehat dan rendah kalori.

3. Melewatkan Minum Air
Alih-alih minum air putih di pagi hari, Anda lebih memilih untuk langsung meminum kopi atau teh. Siapa yang melakukan kebiasaan tersebut? Air putih yang masuk dalam tubuh sesaat setelah bangun tidur, dapat menjaga suhu tubuh tetap tepat dan nutrisi dalam tubuh pun terjaga keseimbangannya, juga baik untuk system pencernaan Anda. Jadi, jika tidak ingin berat badan Anda naik lagi, ganti kopi atau teh di pagi hari dengan air putih.

Beberapa kebiasaan di pagi hari yang dapat membuat berat badan naik lagi semoga bisa perlahan diubah. Semua demi kesehatan Anda.