Jumat, 11 Mei 2018 13:19 WITA

Bahaya di Balik Manfaat Lemon Bagi Kulit Wajah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Bahaya di Balik Manfaat Lemon Bagi Kulit Wajah

RAKYATKU.COM - Khasiat lemon bagi kesehatan yang sudah tidak diragukan lagi, termasuk untuk kecantikan. 

Banyak orang mengoleskan langsung lemon ke kulitnya untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Namun harus diketahui bahwa jika diaplikasikan langsung pada wajah, lemon dapat menyebabkan iritasi kulit.

Menggunakan sari lemon secara langsung ke kulit bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat lemon. Karena meski lemon adalah bahan alami, bukan berarti lemon aman untuk kulit Anda.

Lemon mengandung asam yang tinggi dengan pH2. Padahal, pH alami kulit wajah manusia berkisar antara 4,-5,5 saja. Itulah sebabnya, lemon berkali-asam dari pH kulit, dan sebenarnya bisa 100 kali lebih asam dari kulit Anda. 

pH lemon yang cenderung rendah ini dapat menyebabkan luka bakar kimia. Bahkan jika tidak membakar kulit Anda, lemon juga berisiko menyebabkan dermatitis kontak, ruam, dan iritasi kulit.

Tidak hanya lemon hal ini juga berlaku pada dan semua buah citrus. Pada dasarnya, buah-buahan tersebut akan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Lemon dapat memicu jenis ruam yang parah yang disebut phytophotodermatitis. 

Phytophotodermatitis merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu menyebabkan kulit terbakar atau meradang saat kena sinar matahari.

Ternyata, furocoumarins yang terkandung dalam lemon memang bisa menyebabkan kerusakan kulit jika terpapar sinar ultraviolet A (UVA). Selain lemon, zat tersebut juga terkandung dalam buah dan sayuran lainnya seperti wortel, seledri, ubi jalar, buah-buahan citrus (misalnya jeruk mandarin, limau, jeruk nipis, dan jeruk bali), minyak esensial tertentu, bahkan rumput dan gulma.